9 PTN Raih Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

Kompas.com - 25/11/2020, 17:36 WIB
Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2020 Dok. UnpadAnugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2020

KOMPAS.com - Sembilan Perguruan Tinggi Negeri meraih predikat sebagai  perguruan tinggi dengan kualifikasi “informatif” di tahun 2020 pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2020 yang digelar Komisi Informasi Pusat RI secara virtual, Rabu (25/11/2020).

Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana mengatakan bahwa hendaknya penghargaan ini jangan dimaknai sebagai kontestasi antar badan publik.

“Ini harus dimaknai sebagai tolak ukur implementasi KIP di tanah air, agar menjadi lebih baik,” ujarnya seperti dilansir dari laman Universitas Indonesia, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang turut hadir untuk memberikan penghargaan secara daring mengatakan, KIP adalah salah satu kunci untuk mengentaskan kemiskinan di masyarakat, karena dengan adanya keterbukaan dan transparansi, masyarakat menjadi punya banyak pilihan dalam mengambil keputusan.

Wapres juga mengapresiasi atas kinerja Badan Publik yang berhasil masuk pada kategori “Informatif”.

“Saya ucapkan selamat teruslah bertahan dalam visi untuk menjaga serta mengembangkan kualitas pelayanan publik agar semakin baik lagi,” kata Wapres seperti dilansir dari laman Unpad, Rabu (25/11/2020).

Unpad sendiri meraih poin sebesar 94,03 dan berhasil menempati peringkat ketiga setelah Universitas Gadjah Mada pada peringkat pertama dan Universitas Brawijaya pada peringkat kedua.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

Tahun ini, Unpad berhasil masuk kategori “Informatif” setelah sebelumnya berada pada kategori “Menuju Informatif” pada 2019.

Penganugerahan diberikan setelah Komisi Informasi Pusat melaksanakan proses Monitoring dan Evaluasi (Monev) kepada 348 Badan Publik Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik di seluruh Indonesia.

Melansir laman Unpad, adapun keseluruhan peringkat PTN “Informatif” pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 adalah sebagai berikut:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X