Kompas.com - 27/11/2020, 15:32 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|

KOMPAS.com - Menjadi seorang mahasiswa pasti banyak pengalaman. Selain dapat menimba ilmu di kampus, mahasiswa juga dapat mengembangkan keterampilan di luar kampus.

Salah satunya ialah menjadi relawan (volunteer). Rasanya tidak lengkap jika tidak merasakan menjadi seorang volunteer.

Relawan adalah seseorang yang tanpa dibayar dengan sukarela menyediakan waktu dan kemampuannya untuk tujuan tertentu, misalnya di bidang kemanusiaan, lingkungan, pendidikan, dan sosial.

Menjadi relawan sebenarnya terbuka untuk siapapun selama kita memiliki komitmen yang besar dan rela berkorban. Namun kenyataannya, tugas mulia ini tidak bisa dilakukan semua orang.

Baca juga: 5 Tips Anti Terpengaruh Hoaks bagi Siswa, Mahasiswa dan Masyarakat

Jika kamu berniat ingin menjadi relawan atau volunteer, maka simak hal-hal yang harus diperhatikan. Informasi dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (27/11/2020).

1. Ketahui dulu organisasi/lembaganya

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengikuti kegiatan volunteering yaitu mencari tahu tentang organisasi atau lembaga yang menyelenggarakan volunteer.

Ini bertujuan untuk mengetahui rekam jejak organisasi atau lembaga yang menyelenggarakan kegiatan volunteer.

2. Selama kegiatannya

Sebelum mengikuti kegiatan volunteering, ada baiknya mahasiswa mencari tahu kegiatan apa yang akan dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X