Guru Besar Unpad: Agar Tak Tersesat di Gunung, Pendaki Pahami 7 Hal Ini

Kompas.com - 17/12/2020, 13:23 WIB
Calon anggota Mapala UI berlatih ilmu mendaki gunung di Lembah Mandalawangi Gunung Pangrango, Jawa Barat. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOCalon anggota Mapala UI berlatih ilmu mendaki gunung di Lembah Mandalawangi Gunung Pangrango, Jawa Barat.
|

KOMPAS.com - Seorang pendaki gunung harus memiliki kesiapan fisik dan mental. Tak hanya itu saja, pengetahuan mengenai bertahan di alam bebas atau survival juga sangat penting dikuasai.

Tentu hal ini untuk menghadapi segala kemungkinan buruk saat melakukan pendakian di suatu gunung. Tidak hanya suka mendaki saja, tetapi semua harus bisa dilakukan saat seseorang berada di alam bebas.

Menurut Guru Besar Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran ( Unpad) Prof. Dr. Ir. Ildrem Syafri, DEA, para pendaki disarankan untuk membekali dengan keterampilan survival di alam bebas.

Sebab, kemungkinan untuk tersesat dan hilang sangat besar saat berada di gunung. Hal ini juga untuk meminimalisir kasus hilangnya pendaki di gunung.

Baca juga: Mahasiswa Tinggal di Lereng Gunung Merapi, Status Siaga Pahami Info Ini

7 hal yang harus dipahami pendaki

Melansir laman Unpad, Kamis (17/12/2020), ada beberapa hal yang wajib dipahami oleh pendaki. Berikut ini penjelasan Prof. Ildrem:

1. Yang pertama harus tahu jalur. Kalau tahu medan jika terjadi hal yang tidak diinginkan maka pendaki bisa mengambil keputusan.

Guru Besar yang aktif sebagai anggota Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri sejak 1981 ini mengatakan, teknologi saat ini sudah memudahkan pendaki untuk memahami medan penjelajahan atau pendakian yang akan ditempuh.

2. Pengetahuan mengenai topografi diperlukan agar pendaki bisa tahu wilayah mana yang terjal hingga wilayah mana yang landai dan bisa dijadikan tempat beristirahat jika fisik merasa lelah atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Selain itu, pengamatan wilayah juga diperlukan untuk mengetahui jenis flora dan fauna yang hidup di gunung tersebut. Ini akan memudahkan pendaki untuk menghindari kemungkinan kontak dengan hewan liar.

4. mental kuat diperlukan untuk survival dan hidup di alam bebas. Semakin mampu seseorang bertahan di alam bebas, peluang untuk selamat akan semakin besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X