Kompas.com - 19/12/2020, 08:58 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Setelah lulus SMA, apakah kalian berencana melanjutkan pendidikan di bangku kuliah? Apabila ingin, kalian harus memilih jurusan kuliah terlebih dahulu.

Pada saat memilih jurusan kuliah, pastinya kalian harus memilih perguruan tinggi atau kampus idaman yang diinginkan.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Sulit Masuk dan Lulus, Ada Pilihanmu?

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Sabtu (19/12/2020), menyebutkan bahwa ada delapan hal yang harus kalian lakukan, saat bingung memilih jurusan kuliah.

Mari simak delapan hal tersebut secara seksama.

1. Pilih jurusan kuliah sesuai minat

Sebelum memilih perguruan tinggi yang dituju, kalian harus memilih jurusan kuliah sesuai minat yang diinginkan. Jangan sampai, kalian memilih jurusan kuliah yang salah.

Apabila memilih jurusan kuliah yang salah, maka akan memberatkan kalian pada saat kuliah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika belum mengetahui jurusan kuliah yang dipilih, maka bisa berkonsultasi dengan guru SMA atau SMK di sekolah, bisa juga ke orangtua. Selain itu, kalian juga bisa mudah mencarinya dengan browsing di internet.

2. Kenali jurusan kuliah yang diincar

Demi mengenali jurusan kuliah yang diincar, kalian harus mengetahui kelemahan dan kekuatan masing-masing jurusan. Dari situ, kalian akan memperoleh 2 sampai 3 jurusan kuliah, dari banyaknya jurusan yang diincar.

Untuk mengetahuinya, kalian harus memiliki jiwa kepo tingkat tinggi.

3. Harus punya pilihan jurusan kuliah kedua

Berbeda dengan mencari pasangan atau istri. Saat mau kuliah, kalian harus mempunyai pilihan jurusan yang kedua, selain jurusan kuliah utama yang diinginkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X