Kompas.com - 24/01/2021, 09:21 WIB
|

KOMPAS.com - Usai lulus kuliah, tentu harapan utamanya ialah segera mendapatkan pekerjaan. Dibeberapa jurusan tentu akan sulit karena terlalu banyak jumlah lulusannya.

Tetapi, bagi lulusan Prodi Data Science berbeda. Karena lulusan jurusan kuliah ini banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Sebab, Data Science memiliki posisi penting di manajemen perusahaan. Jadi, bisa dikatakan bahwa jenjang kariernya cukup menjanjikan.

Hal ini juga karena dunia sudah serba digital. Jadi, kita pastinya berhadapan dengan data setiap harinya.

Baca juga: 4 Jurusan Paling Diincar untuk Profesi Data Science

Hanya saja, di Indonesia tidak diimbangi dengan sumber daya manusianya. Padahal kebutuhan akan tenaga kerja data scientist cukup banyak.

Jika kamu ingin berkarier di bidang data? Coba praktikkan tips ini. Merangkum akun Instagram Rencanamu.id, Minggu (24/1/2021), ini tipsnya:

1. Belajar dari awal

Jika kamu bingung mau memulai dari mana? Maka mulailah dari tiga ilmu dasar ini. Untuk menguasai data science, kamu perlu mempelajari:

  • Bahasa pemrograman
  • Ilmu statistika
  • Ilmu bisnis

2. Bangun portofolio sebagai nilai jual

Untuk memulai langkah kamu di dunia data, kamu perlu memiliki nilai 'jual'. Maka, caranya ialah dengan membangun portofolio data.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.