Hari Gizi Nasional 2021, Berikut Pola Makan Gizi Seimbang

Kompas.com - 25/01/2021, 13:32 WIB
Ilustrasi makanan sehat berdasarkan proporsi Isi Piringku. Dr dr Tan Shot Yen, M.HumIlustrasi makanan sehat berdasarkan proporsi Isi Piringku.
|

KOMPAS.com - Untuk memperoleh gizi seimbang, diperlukan konsumsi dari berbagai kelompok makanan yang berbeda. Makanan tersebut idealnya terdiri beragam jenis.

Diantaranya nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin. Semua jenis itu harus dipenuhi oleh setiap orang.

Melalui peringatan Hari Gizi Nasional, 25 Januari 2021 inilah dapat menjadi salah kegiatan yang dapat mengutamakan upaya bersama.

Harapannya, ada upaya dari berbagai pemangku kepentingan terhadap komitmen, kampanye edukasi, akses pangan bergizi dan monitoring program sehingga tercipta SDM yang sehat, cerdas dan tangguh.

Baca juga: 4 Prinsip Gizi Seimbang bagi Anak Usia Dini

Hal ini karena asupan gizi seimbang adalah salah satu faktor penting yang berperan dalam menunjang kesehatan seseorang.

Hari Gizi Nasional kini juga masih dirayakan dengan tema penuh makna yang mengajak masyarakat sadar akan pentingnya asupan makanan bergizi untuk tubuh.

Sebenarnya, asupan makanan bergizi itu seperti apa? Seberapa porsi jenis makanannya?

Melansir akun Instagram Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, berikut ini pola makan gizi seimbang dapat digambarkan dengan panduan piring makan:

1. Setengah dari piring makan, terdiri dari sayur dan buah-buahan.

2. Seperempat dari piring makan, diisi dengan protein.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X