Inovasi Parekraf dan Pemulihan Multi-Sektor

Kompas.com - 25/01/2021, 11:13 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konferensi pers usai usai melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf RI, Jakarta, Rabu (23/12/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konferensi pers usai usai melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf RI, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

KOMPAS.com - Pandemi membawa keajaiban-keajaiban baru dalam menterjemahkan imajinasi ke dalam inovasi.

Qantas Australia menjadi maskapai besar pertama mengumumkan program 'flight to nowhere'. Program baru itu diumumkan bulan September 2020, dan saat awal Oktober penjualan tiket dimulai, 134 kursi ludes terbeli dalam waktu sepuluh menit.

Tiket termurah AUD 575 dan termahal AUD 2,765. Dalam program itu, penerbangan dilakukan dalam waktu 7 jam, take off dari Sydney, dan landing kembali di Sydney. Tujuh jam, nowhere. Penumpang di ajak melihat secara fly-by pulau-pulau di kawasan Uluru hingga Great Barrier Reefs.

Pembaca bisa membayangkan pesawat modern berbadan lebar 787 Dreamliner terbang dengan ketinggian 'hanya' 1.300 meter di atas daratan dan permukaan laut.

Ini adalah penerbangan mirip dengan safari di taman nasional Krueger atau Kalahari di Afrika, di mana bus wisatawan menjelajah taman margasatwa tersebut di antara lalu lalang puluhan singa, hyenna, gajah dan kawanan ratusan banteng liar.

Inilah "safari angkasa" yang saya maksud. Jeli melihat peluang, sekaligus bernyali mengeksekusinya.

Belajar dari Vietnam, Thailand dan China

Pandemi telah menghantam sektor pariwisata global.

Tak hanya maskapai yang terpukul: jaringan hotel besar dan kecil, restauran, tempat wisata alam dan seni (museum, cultural landmark) serta usaha jasa transport lokal yang selama ini menopang gegap gempita industri pariwisata.

Semuanya babak belur. Ribuan pemandu wisata tiba-tiba mendapati diri mereka tak punya pekerjaan.

Tiba-tiba seorang pengusaha muda, Sandiaga Uno, diumumkan oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Parekraf ( Pariwisata dan Ekonomi Kreaftif).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X