Kompas.com - 06/02/2021, 09:18 WIB
Ilustrasi saham KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIIlustrasi saham
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Saham merupakan salah satu instrumen investasi dengan imbal hasil atau return tinggi.

Dengan return yang tinggi, maka bisa membantu kamu dalam mengumpulkan dana untuk merealisasikan tujuan jangka panjang. Salah satunya untuk biaya pendidikan anak.

Baca juga: Kemendikbud: Kuota Gratis Berlanjut dengan Ukuran Kuota Berbeda

Tapi, apakah semua orang cocok dengan instrumen investasi saham ? Belum tentu.

Belum lama ini, ada keluhan investor di forum aplikasi trading saham di Indonesia, karena mengalami kerugian usai menggunakan dana pendidikan anak demi membeli saham.

Mengingat biaya pendidikan tinggi dan merupakan salah satu tujuan finansial orangtua. Jadi, seperti apa berinvestasi saham untuk pendidikan anak kelak.

Terkait hal itu, Financial Educator dan Periset Lifepal Aulia Akbar memiliki beberapa cara terkait investasi saham untuk pendidikan anak.

1. Dana pendidikan jangan digunakan beli saham

Jangan gunakan dana pendidikan yang telah ada untuk membeli saham.

Jika hal itu terjadi, kata Aulia, maka sama saja menggunakan uang panas untuk berinvestasi.

Aulia mengaku, dana pendidikan yang sudah ada harus bisa dimanfaatkan untuk segala kebutuhan akademis sang anak.

"Seperti membayar SPP, membeli buku, seragam, membayar uang gedung, SKS, dan lainnya. Jangan untuk investasi atau trading," jelas Aulia dalam keterangannya, Jumat (5/2/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X