Kompas.com - 14/02/2021, 05:37 WIB
Ilustrasi mahasiswa sedang melakukan kerja magang dari rumah. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa sedang melakukan kerja magang dari rumah.

KOMPAS.com - Kuliah di luar negeri pasti menjadi mimpi bagi sebagian calon mahasiswa. Baik yang hendak menuju S1, maupun yang hendak mengambil program doktoral.

Pengalaman menimba ilmu dengan jarak ribuan kilometer jauhnya dari keluarga, akan membentuk karakter seseorang menjadi lebih kreatif dan mudah beradaptasi.

Tidak hanya itu, pengalaman berinteraksi di lingkungan multikultural juga menjadi bekal penting untuk pendidikan dan karir nantinya.

Kebanyakan, perusahaan multinasional dan organisasi internasional cenderung mengincar calon pekerja yang memiliki talenta dan pengalaman global.

Setiap tahunnya, ada sekitar 35.000 pelajar Indonesia yang melanjutkan studi di luar negeri. Beberapa negara tujuan favorit antara lain Singapura, Jepang, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Bisa Pilih 7 Universitas di Jepang, Ajinomoto Buka Program Beasiswa S2

Namun, bagi kamu yang lulusan SMA maupun S1, ini 6 tips kuliah di luar negeri yang dilansir dari laman pintek:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Tentukan jurusan

Sebelum memilih kampus, calon mahasiswa perlu menggali minat dan juga potensi yang dimiliki. Pilihlah jurusan yang sejalan dengan passion, sehingga saat kuliah bisa menjalaninya dengan rasa senang dan semangat yang tinggi.

Jangan hanya menilai kuliah di luar negeri keren, atau menuruti gengsi saja. Karena, jika terjebak di pikiran semacam itu bisa menghambat tugas kuliah hingga kelulusan.

2. Tentukan kampus dan negara tujuan

Setelah mengetahui jurusan yang kamu pilih, maka saatnya kamu menentukan kampus dan negara tujuan.

Dalam hal ini ada banyak sekali pertimbangan yang perlu kamu sertakan. Bisa saja diawali dengan melakukan riset seputar bahasa, budaya, kebiasaan, hingga kehidupan pelajar Indonesia di sana.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.