Kompas.com - 15/02/2021, 20:15 WIB
Ilustrasi ibu hamil menjaga kehamilan dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi. SHUTTERSTOCK/PraisaengIlustrasi ibu hamil menjaga kehamilan dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi.
|

KOMPAS.com - Bagi perempuan yang tengah mengandung, tentu memerhatikan kandungan gizi makanan yang dikonsumsinya. Mereka pasti akan memilih makanan yang baik untuk perkembangan janin dalam perutnya.

Ternyata makanan yang baik untuk perkembangan janin tidak selalu makanan mahal. Bahan pangan lokal pun banyak yang memiliki kandungan gizi bagus untuk perempuan yang tengah berbadan dua.

Menurut Guru Besar Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Bidang Teknologi Pangan dan Gizi, Prof. Ambar Rukmini, gizi ibu hamil perlu diperhatikan. Bagi perempuan yang sedang mengandung membutuhkan cukup protein dan kalsium. Dua kandungan ini juga sering defisiensi atau kekurangan pada ibu hamil.

"Jenis zat gizi yang diasup sama dengan ketika tidak hamil. Tetapi jumlah protein perlu ditingkatkan karena untuk proses pembentukan sel janinnya," kata Prof. Ambar kepada Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Perlu kalsium yang banyak

Prof. Ambar menerangkan, pembentukan dan perkembangan janin juga butuh kalsium lebih banyak. Sehingga kalau asupan kalsium tidak ditingkatkan, tubuh akan mengambil dari cadangan persediaan si ibu.

Baca juga: Dosen Biologi UM Surabaya: Mewaspadai Bahaya Oncom, Ini Cirinya

Hal ini bisa menyebabkan deposit atau tabungan kalsium yang ada dalam tulang dan gigi ibu hamil berkurang.

"Jika hal ini terjadi, bagian itu (tulang dan gigi) jadi rawan kerapuhan jika konsumsinya tidak ditingkatkan," terang Prof. Ambar.

Konsumsi susu dan ikan laut

Salah satu makanan yang jelas mengandung banyak kalsium adalah susu. Selain itu ikan juga tinggi protein dan kalsium. Terlebih ikan laut.

"Ikan laut juga lebih kaya akan asam lemak omega. Kandungan ini sangat bagus untuk perkembangan otak janin," tandas Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Widya Mataram Yogyakarta ini.

Manfaatkan keberagaman bahan pangan lokal

Untuk mendapatkan asupan gizi yang bagus, tidak harus menggunakan produk impor. Bahan pangan lokal juga banyak yang mengandung gizi bagus bagi ibu hamil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X