Kompas.com - 20/02/2021, 13:50 WIB
Ilustrasi pupuk organik. SHUTTERSTOCK/SINGKHAMIlustrasi pupuk organik.
|

KOMPAS.com - Sampai saat ini, sampah masih menjadi permasalahan masyarakat dan pemerintah. Untuk itu, perlu berbagai inovasi agar sampah dapat ditanggulangi.

Bahkan bisa diminimalisir dengan dimanfaatkan. Hanya saja, perlu inovasi agar sampah bisa bermanfaat. Seperti apa saja itu?

Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi.

Ternyata, mereka mengolah limbah pabrik tahu menjadi biogas dan pupuk. Sehingga limbah tersebut dapat dimanfaatkan.

Baca juga: 3 Strategi Sukses SNMPTN dan SBMPTN 2021 dari Akademisi UNS

Usung tema industri kreatif

Menurut Arfais Rahman selaku ketua kelompok KKN UNS, tahu sendiri merupakan salah satu komoditas usaha yang menjamur di Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten, Boyolali sehingga limbah yang dihasilkan pun tidak sedikit.

"Dalam KKN ini, kami mengusung tema Industri Kreatif yang mana tidak pernah lepas dari limbah atau sampah," ujarnya seperti dikutip dari laman UNS, Sabtu (20/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Oleh karena itu, kami mengusung program pemanfaatan limbah tahu," imbuhnya.

Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS tersebut menjelaskan bahwa dalam program ini, mereka menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali dan Kelompok Agni Mandiri.

"Kami bekerja sama dengan dinas serta Kelompok Agni Mandiri yang bergerak dalam penanganan sampah di Boyolali. Jadi, mulai dari sosialisasi sampai praktik, kami dibantu oleh mereka," terangnya.

Tak hanya sosialisasi saja, praktik juga diberikan guna memperjelas teori yang sudah disampaikan oleh DLH Kabupaten Boyolali dan Kelompok Agni Mandiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.