Mahasiswi Unida Gontor: Biji Mangga Bisa Usir Bakteri Penyebab Jerawat

Kompas.com - 21/02/2021, 14:04 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|

KOMPAS.com - Siapa yang tak suka buah mangga. Selain karena rasanya yang manis, buah berwarna kuning ini juga mengandung banyak vitamin yang sangat bagus untuk tubuh.

Namun saat makan buah mangga, bijinya selalu dibuang karena dianggap tidak punya manfaat lain. Dari rasa penasaran terhadap kandungan biji mangga, mahasiswi dari Universitas Darussalam (Unida) Gontor melakukan penelitian.

Melansir laman unida.gontor.ac.id, mahasiswi Unida Gontor berhasil melakukan penelitian dan menemukan manfaat dari biji mangga.

Ketiga mahasiswi tersebut adalah Zulvia Faridatul Munawwaraha dan Wafa Aufiab (mahasiswa Jurusan Farmasi) dan Nurul Masitha yang merupakan mahasiswi Jurusan Gizi.

Baca juga: Prof Nizam: Mahasiswa Harus Jadi Pembelajar Sejati

Bisa menghambat bakteri penyebab jerawat

Dari hasil penelitian ketiganya, biji mangga ternyata punya manfaat untuk mengatasi jerawat. Penelitian yang mereka lakukan diberi judul 'Uji Aktivitas Antibakteri Esktrak Etanol Biji Mangga (Mangifera indica.L) Terhadap Propionibacterium acnes'.

Zulvia menerangkan, penelitian mereka bertujuan untuk memanfaatkan limbah biji mangga dan untuk mengetahui daya antibakteri pada biji mangga. Khususnya dalam hal melawan bakteri penyebab jerawat.

Meski terlihat sepele, jerawat menjadi hal yang sangat mengganggu bagi kalangan perempuan. Bahkan dengan adanya jerawat di wajah menyebabkan orang jadi tidak percaya diri.

"Kami berusaha meneliti apakah biji mangga dapat dijadikan alternatif untuk mencegah dan mengobati jerawat akibat Propionibcterium acnes," papar Zulvia seperti dikutip di laman unida.gontor.ac.id, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: Nori dari Kangkung dan Ikan Lele, Mahasiswa UWM Juara 1 LKTI

Biji mangga mengandung antioksidan cukup tinggi

Zulvia menerangkan, biji mangga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.  Hal ini menunjukkan adanya efektivitas biji mangga sebagai bakterisida. Selain itu biji mangga memiliki aktivitas antioksidan yang kuat karena mengandung senyawa fenolik yang
tinggi. Biji mangga juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, berupa tanin.

"Berdasarkan data-data diatas, biji mangga dapat digunakan sebagai obat alternatif
untuk mengatasi masalah jerawat," terang Zulvia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X