Pascavaksin Guru, Memaknai Perjuangan Baru: Pendidik dan Pejuang Kesehatan

Kompas.com - 26/02/2021, 16:24 WIB
Ziesvario, guru SDN 32 Kampung Baru Tanjung Jabung Barat Jambi menggunakan masker mengajar matematika. DOK. TANOTO FOUNDATIONZiesvario, guru SDN 32 Kampung Baru Tanjung Jabung Barat Jambi menggunakan masker mengajar matematika.

Oleh: Armiwati | Dosen FKIP Universitas Jambi

KOMPAS.com - Peran ganda sudah di depan mata untuk disandang para guru: pejuang pendidikan dan pejuang kesehatan. Setali tiga uang, peran guru sama penting untuk keduanya.

Guru menyandang tanggung jawab ganda yakni pelaksanaan pembelajaran di sekolah sekaligus secara kreatif menerapkan upaya perlindungan kesehatan terhadap seluruh komunitas sekolah.

Seperti akrab didengar pada petunjuk keselamatan penerbangan sipil: “Demi keselamatan, orangtua yang melakukan penerbangan bersama bayi atau balita harus terlebih dahulu memasang katup oksigen untuk dirinya, kemudian baru anaknya!”.

Guru terlebih dahulu divaksin kemudian berjuang mendidik dan mengupayakan perlindungan kesehatan murid-muridnya di sekolah.

Hal ini menjadi  bukti nyata perlindungan pemerintah terhadap murid, guru dan tenaga didik. Vaksin untuk guru sebagai garda terdepan pelaksanaan pendididikan di atas kejenuhan pembelajaran daring.

Pelaksanaan vaksin untuk guru menjadi tumpuan harapan dan kerinduan siswa untuk kembali ke sekolah dan harapan orangtua agar anaknya kembali belalajar bersama guru di sekolah.

Baca juga: Presiden Jokowi: Jika Vaksin Guru Selesai, Juli Bisa Sekolah Tatap Muka

Menanamkan kebiasaan baru

Namun, hal ini tetap menjadi dilema yang tidak terelakan.

Bayang bayang acaman virus corona terhadap komunitas sekolah masih menghantui guru dan orangtua.

Kealpaan sangat mungkin terjadi tidak bisa diabaikan begitu saja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X