Kompas.com - 12/03/2021, 14:41 WIB
SMA Banua Bilingual School Kalimantan Selatan kembali menggelar Sains and Culture Banua Expo atau Scuba 2021 dengan tema ?The Rising Soul of iGeneration?. DOK. SMA BANUA KALSELSMA Banua Bilingual School Kalimantan Selatan kembali menggelar Sains and Culture Banua Expo atau Scuba 2021 dengan tema ?The Rising Soul of iGeneration?.

KOMPAS.com - Memasuki satu tahun masa BDR (belajar dari rumah), muncul kekhawatiran siswa mengalami kejenuhan dan penurunan minat belajar. Hal ini dapat terjadi bila siswa kurang ditantang untuk tetap kreatif dan produktif di masa pandemi.

Menjawab hal tersebut, SMA Banua Bilingual School Kalimantan Selatan menggelar kegiatan "Sains and Culture Banua Expo atau Scuba 2021 yang merupakan penyelenggarakan kali ketiga, dan tampil berbeda mengingat pelaksaan tahun ini dilakukan masih dalam kondisi global Covid-19.

Secara khusus, Scuba 2021 mengusung tema “The Rising Soul of iGeneration”, yang dimaknai harapan kebangkitan iGenertion atau yang sering dikenal "Generasi Z".

“Diharapkan dengan terselenggaranya program ini dapat memotivasi para pelajar yang mayoritas dalam rentang usia generasi-Z agar selalu produktif dan inovatif dalam berkarya meski tengah berada dalam kondisi pandemi Covid-19,” jelas Muhammad Rizky, Koordinator Scuba 3.0.

Baca juga: Pompa Motivasi Siswa, Kharisma Bangsa Gelar Kompetisi Daring Glarisa Cup 2021

Ajak siswa tetap kreatif dan produktif

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui rilis resmi (12/3/2021) Rizky menjelaskan, Scuba tahun ini menantang siswa untuk tetap kreatif dan produktif melalui berbagai lomba daring yang dekat dengan dunia Generasi Z.

Lomba dan kegiatan yang digelar dalam Scuba 3.0 di antaranya:

  • Lomba Tik-tok dengan tema: Siswa Berwawasan Global dalam Bermedia Sosial
  • Lomba Podcast dengan tema: Pelajar Produktif, Inovatif, dan Berdaya Pikir Kritis
  • Lomba Menyanyi Solo dengan tema: Semangat Kedaerahan Memperkokoh Persatuan
  • Lomba Menulis Esai dengan tema: Peran dan Inovasi Kita di Masa Pandemi

Khusus penulisan esai, dalam lomba tahun ini panitia membagi dalam beberapa kategori meliputi; teknologi, sosial budaya, ekonomi dan kesehatan.

Lomba-lomba tersebut dapat diikuti secara individu atau tim ini memungut biaya terjangkau yakni, berkisar Rp 20.000 hingga Rp 25.000 saja untuk tiap kategori lomba. Nilai tersebut sudah termasuk akses untuk dapat mengikuti Campus Expo dan Webinar Pendidikan.

“Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mengikuti acara Scuba, diantaranya siswa-siswi dapat mengisi waktu dengan hal-hal positif di era pandemi Covid-19," ungkap Tupan, Kepala SMAN Banua Kalsel.

Baca juga: Lewat Kompetisi TSRA, Tanoto Foundation Ingin Tingkatkan Jumlah Peneliti Muda di Indonesia

Tupan juga berharap melalui Scuba 2021 siswa akan dapat dapat menghilangkan kejenuhan karena harus berada di rumah saja sekaligus menjadi ajang siswa untuk mengembangkan daya kreativitas, kolaboratif, dan kemampuan komunikasi.

Jadwal Scuba 2021 terdiri atas:

  • Pendaftaran Gelombang 1: 9-22 Februari 2021
  • Pendaftaran Gelombang 2: 23 Februari – 14 Maret 2021
  • Batas Akhir Pengumpulan Karya: 21 Maret

Informasi lengkap dan pendaftaran ajang Scuba 2021 dapat diakses melalui tautan: http://scuba.gawiweb.xyz/

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.