Kompas.com - 21/03/2021, 13:52 WIB

Penulis: Gina Rizky | Editor: Buku Anak Grasindo

KOMPAS.com - Tak terasa tinggal hitungan hari memasuki bulan Ramadhan. Tepatnya, sekitar bulan April 2021 umat muslim menjalankan ibadah puasa.

Bagi orangtua, bulan ramadhan bisa menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mengajarkan ibadah puasa pada si kecil.

Anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, memang belum diwajibkan untuk berpuasa. Namun, terkadang si kecil justru ingin ikut berpuasa karena melihat anggota keluarga lainnya yang sedang menjalankan ibadah tersebut.

Saat si kecil mengatakan ingin ikut berpuasa, orangtua sebaiknya mendukung dan terus mendampingi. Beberapa hal berikut dapat dipersiapkan oleh orangtua agar momen puasa si kecil semakin menyenangkan, diantaranya sebagai berikut:

1. Bercerita

Penting bagi orangtua untuk menjelaskan makna dan manfaat dari puasa Ramadhan kepada si kecil. Pastikan orangtua menceritakan apa itu ramadhan, puasa, dan kewajiban seorang muslim selama ramadhan dengan bahasa yang mudah dipahami. Bisa juga memberikan contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari agar si kecil tertarik mendengarkannya.

Baca juga: Ini Kisahku, Bukan Kisah Naruto! Boruto: Naruto Next Generation

2. Mengaji bersama

Ajaklah si kecil untuk belajar membaca Al Qur’an bersama-sama. Ajarkan pula doa-doa sederhana yang biasa digunakan untuk sehari-hari. Hal ini akan memberikan pemahaman yang kuat kepada si kecil mengenai pentingnya doa sehari-hari.

3. Membuat rutinitas ramadhan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.