Kompas.com - 22/03/2021, 08:14 WIB
Ilustrasi mendongeng Unsplash/quokkabottlesIlustrasi mendongeng

KOMPAS.com - Mengajarkan anak-anak agar mengerti adat istiadat, nilai norma sosial lebih mudah menggunakan dongeng atau cerita anak.

Melalui cerita, anak mendapatkan pendidikan yang menyenangkan, sehingga tanpa disadari cerita dapat menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai dan pendidikan moral bagi anak.

Dengan memberikan buku berisi bahan bacaan yang menyenangkan bagi anak, dapat menstimulasi imajinasi anak. Juga bisa membawa ke pemahaman diri sendiri dan orang lain. Cerita anak akan memengaruhi proses imitasi anak dengan meniru karakter-karakter yang baik pada cerita anak.

Baca juga: 5 Tips bagi Orangtua agar Anak Mau Bekerja Sama

Dilansir dari laman resmi Anggunpaud Kemendikbud, ada 7 nilai pendidikan moral dalam cerita anak yang menunjukkan moral positif di antaranya:

1. Menanamkan sikap bekerja keras

Menanamkan sikap bekerja keras merupakan nilai moral positif, karena sesuai dengan norma dan aturan di masyarakat. Dengan bekerja keras seseorang akan mendapatkan sesuatu yang diinginkannya meskipun dalam melakukannya harus dengan susah payah. Perilaku kerja keras dapat ditanamkan anak sejak usia dini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya memberikan tanggung jawab kebersihan dan kerapian kamar kepada anak atau membantu orang tua untuk mencuci piring. Melalui pembiasaan ini diharapkan dapat tumbuh sifat bekerja keras pada anak.

Dengan begitu, seorang anak akan mengerti bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan maka ia harus melakukan suatu usaha. Saat anak menginginkan kenyamanan di dalam kamar, maka ia harus bersedia membersihkan dan merapikannya.

2. Ajaran agar bersikap patuh kepada orang tua

Bersikap patuh kepada orang tua merupakan nilai moral positif, karena sesuai dengan norma dan aturan di masyarakat. Nilai pendidikan moral berupa kepatuhan seorang anak terhadap orang tua wajib diajarkan kepada anak-anak. Moral ini menyangkut dengan hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.