Kompas.com - 02/04/2021, 13:20 WIB
Ainiyah Hasna Fadhilah menjadi mahasiswa termuda di Universitas Airlangga (Unair) di usianya yang baru menginjak 15 tahun 4 bulan. Tangkap layar unair.ac.idAiniyah Hasna Fadhilah menjadi mahasiswa termuda di Universitas Airlangga (Unair) di usianya yang baru menginjak 15 tahun 4 bulan.

KOMPAS.com - Salah satu mahasiswa termuda yang berhasil masuk Universitas Airlangga (Unair) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yakni Ainiyah Hasna Fadhilah.

Pada umumnya, anak berusia 15 tahun masih berada di jenjang SMP atau awal SMA. Namun Hasna berhasil diterima di di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) di usianya yang baru menginjak 15 tahun 4 bulan.

Prestasi ini tentu tidak diraih secara instan. Perlu kerja keras dan perjuangan semasa sekolah hingga akhirnya Hasna bisa mencapai titik ini.

Komitmen dalam mengejar cita-cita dan bijaksana membagi waktu juga menjadi tips sukses Hasna berhasil lolos di jalur SNMPTN 2021.

Baca juga: Bantuan hingga Rp 12 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KIP Kuliah 2021

SD-MA ditempuh dalam 10 tahun

Gadis asal Madiun itu hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk menempuh pendidikan SD hingga MA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya masuk jenjang SD umur 6 kurang. Kemudian saat di MTsN ikut program akselerasi PDCI (Peserta Didik Cerdas Istimewa) 2 tahun. Dan Alhamdulillah di MAN juga ikut program akselerasi SKS (Sistem Kredit Semester) 2 tahun,” ujar Hasna seperti dikutip dari laman unair.ac.id, Kamis (1/4/2021).

Hasna mengaku, salah satu tips bisa sukses lolos SNMPTN adalah cerdas membagi waktu. Hasna tak  menampik jika semasa sekolah, dia harus rajin belajar untuk menaikkan grafik rapornya. Apalagi Hasna masuk dalam program 2 tahun akselerasi.

Baca juga: Universitas Pertahanan RI Buka Beasiswa S2-S3, Bebas Biaya Kuliah

Tips sukses

Selama di MAN, lanjut Hasna, ia aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di English Club.

"Selebihnya saya fokus untuk lebih memaksimalkan pencapaian materi. Saya lebih memfokuskan diri dalam menaikkan grafik nilai di rapor yang ditempuh dalam waktu 2 tahun akselerasi," ungkap Hasna.

Semua siswa bisa berprestasi seperti Hasna. Asal punya komitmen dan kerja keras. Hasna berpesan kepada seluruh siswa dan mahasiswa untuk terus konsisten dengan apa yang sudah ditargetkan di awal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.