Kompas.com - 04/04/2021, 21:10 WIB
Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim memaparkan ciri-ciri guru penggerak dalam Dialog Program Guru Penggerak. Tangkap layar Instagram Ditjen GTK KemdikbudMenteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim memaparkan ciri-ciri guru penggerak dalam Dialog Program Guru Penggerak.
|

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan sejumlah ciri-ciri yang harus dimiliki guru yang ikut dalam Program Guru Penggerak

Pada angkatan 1 dari Program Guru Penggerak telah menjalani masa pendidikan selama 4,5 bulan, dari total 9 bulan yang direncanakan.

Saat ini pendaftaran Program Guru Penggerak (PGP) angkatan 4 telah dibuka hingga 24 April 2021 mendatang.

Program ini adalah pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak.

Berbeda dengan angkatan sebelumnya, PGP Angkatan 4 ini mulai menerima Guru SLB dan SMK serta juga rekrutmen untuk fasilitator.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: 8 Hal Ini Perlu Dilakukan Saat Tatap Muka Terbatas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ciri guru penggerak

Menurut Nadiem Makarim, semua guru yang terlibat dalam PGP mempunyai ciri atau sikap yang harus dimiliki, antara lain:

1. Guru Penggerak ialah guru yang melihat kesulitan sebagai tantangan yang akan mendorong dirinya menjadi orang yang lebih baik.

2. Guru Penggerak itu melihat anak yang tertinggal di kelas sebagai kesempatan untuk mengasah kapabilitasnya.

"Guru penggerak itu percaya semua anak itu punya potensi," kata Nadiem seperti dikutip dari akun Instagram Ditjen GTK Kemendikbud RI, Minggu (4/4/2021).

3. Guru Penggerak itu percaya dan bukan putus asa dengan guru-guru lain yang mungkin agak sedikit lambat melakukan perubahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.