Kompas.com - 05/04/2021, 12:49 WIB
Cinta Laura dalam Wisuda Virtual Universitas Pertamina periode Maret 2021, Rabu (31/3/2021). Dok. Universitas PertaminaCinta Laura dalam Wisuda Virtual Universitas Pertamina periode Maret 2021, Rabu (31/3/2021).

KOMPAS.com - Lulus dari perguruan tinggi merupakan momen penuh suka cita bagi mahasiswa. Dari sanalah, momen untuk menggapai karier impian dimulai.

Namun, pandemi Covid-19 yang berdampak bagi banyak perusahaan, bisa membuat pencarian kerja lebih menantang bagi para lulusan perguruan tinggi.

Hal ini diperparah dengan kondisi masih rendahnya angka serapan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja dibandingkan lulusan SMP dan SD.

Berbagai faktor ditengarai menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah kelalaian para mahasiswa dalam menentukan tujuan, yang diawali dengan kekeliruan pemilihan program studi (jurusan).

Baca juga: Universitas Pertahanan RI Buka Beasiswa S2-S3, Bebas Biaya Kuliah

Menurut penelitian yang dilakukan Indonesia Career Center Network (ICCN) pada tahun 2017, sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia mengaku keliru memilih jurusan.

Dalam penelitian tersebut, para responden mengaku jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan minat mereka. Umumnya, mereka lebih memilih untuk diterima di perguruan tinggi negeri atau kampus prestigious meskipun jurusannya tidak mereka sukai.

Lebih jauh, mereka mengatakan bahwa kekeliruan pemilihan jurusan ini berakibat pada kebimbangan untuk menentukan tujuan hidup setelah menyelesaikan perkuliahan.

Meski begitu, saat "nasi sudah jadi bubur" dan jurusan telah dipilih, bukan berarti mahasiswa maupun lulusan baru tak bisa menggapai karier impian.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, D3, S1-S2

Kenali dan gali passion

Menyelesaikan pendidikan di dua jurusan dalam waktu yang bersamaan di Columbia University, New York, Cinta Laura Kiehl membagikan ceritanya untuk mahasiswa dan wisudawan Universitas Pertamina dalam menggapai karier impian dan cepat mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi.

Menurutnya, mahasiswa masih bisa menggali passion-nya sedini mungkin dan berupaya untuk mengembangkannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X