Wujudkan "SMK Pusat Unggulan", Kawan Lama Gelar Kompetisi Nasional Metrologi Guru SMK

Kompas.com - 09/04/2021, 23:54 WIB
Kompetisi Metrologi Kawan Lama Khusus Guru SMK Tingkat Nasional 2021 berlangsung 16 Februari hingga 9 Maret 2021 dan digelar secara daring merupakan sinergi bersama antara Kawan Lama dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud. DOK. KAWAN LAMAKompetisi Metrologi Kawan Lama Khusus Guru SMK Tingkat Nasional 2021 berlangsung 16 Februari hingga 9 Maret 2021 dan digelar secara daring merupakan sinergi bersama antara Kawan Lama dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud.

KOMPAS.com - "SMK Sebagai Pusat Keunggulan" menjadi salah satu agenda penting Kemendikbud yang dicanangkan melalui program Merdeka Belajar Episode 8. Hal ini menjadi wujud nyata Kemendikbud dalam melakukan pembenahan pendidikan vokasi.

“Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi mendalam dan menyeluruh,” papar Mendikbud Nadiem Makarim dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode Kedelapan: SMK Pusat Keunggulan secara online di kanal Youtube resmi Kemendikbud RI pada Rabu (17/3/2021).

Nadiem menyatakan keselarasan antara SMK Pusat Keunggulan dengan dunia kerja tidak hanya diwujudkan melalui MoU saja, tetapi harus berlangsung secara mendalam dan menyeluruh.

“Upaya mewujudkan keselarasan itu dapat ditempuh dengan cara memenuhi delapan aspek link and match,” ungkapnya. Salah satu aspek penting dalam membangun SMK sebagai pusat keunggulan: guru dengan kualitas dan kompetensi mumpuni.

Menguatkan kompetensi guru SMK

Sebelum Kemendikbud mencanangkan program ini, PT Kawan Lama Sejahtera, penyedia solusi industri di Indonesia, telah menunjukkan komitmennya untuk turut ambil bagian dalam melahirkan lulusan SMK yang profesional dan siap menjawab tantangan dunia kerja.

Termasuk di dalamnya mendukung dan mengembangkan kompetensi guru SMK melalui pelatihan, pendampingan hingga menggelar ajang "Kompetisi Metrologi Kawan Lama Khusus Guru SMK Tingkat Nasional 2021".

Baca juga: Merdeka Belajar Episode 8, SMK Jadi Fokus Penguatan lewat Kolaborasi Banyak Pihak

“Kompetisi ini merupakan kegiatan lanjutan dari yang sudah digelar sebelumnya, yaitu kompetisi dan seminar metrologi siswa SMK," ungkap Albert Primusanto, Direktur PT Kawan Lama Sejahtera.

Albert melanjutkan, "kali ini PT Kawan Lama Sejahtera berkomitmen meningkatkan kemajuan pendidikan dunia vokasi di Indonesia dengan memperkuat kualitas Bapak dan Ibu guru SMK.” 

Acara yang berlangsung dari tanggal 16 Februari hingga 9 Maret 2021 ini digelar secara daring merupakan sinergi bersama antara Kawan Lama dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud.

Acara yang didukung oleh brand alat ukur asal Jepang, Mitutoyo ini diikuti 34 guru dari 29 sekolah di seluruh Indonesia yang dibagi menjadi 6 zona, meliputi:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X