Kompas.com - 10/04/2021, 16:10 WIB
Ilustrasi lulusan perguruan tinggi susah cari kerja dan menjadi pengangguran ketika lulus ThinkstockIlustrasi lulusan perguruan tinggi susah cari kerja dan menjadi pengangguran ketika lulus
|

KOMPAS.com - Jika kamu baru saja lulus kuliah dan belum mendapatkan pekerjaan, maka harus segera persiapan untuk mencari informasi lowongan kerja.

Tentu, mencari pekerjaan itu tidak mudah. Karena ada banyak persaingan yang juga ingin mendapatkan pekerjaan usai lulus kuliah.

Bahkan tak jarang mereka yang sudah berpengalaman kerja, juga ingin mencari pekerjaan yang baru. Tentu persaingan menjadi semakin ketat di dunia kerja.

Maka, para fresh graduate butuh tips agar bisa sukses dapat pekerjaan. Melansir laman Alumni UGM, berikut ini tips dan persiapan agar kamu semakin percaya diri dalam mencari pekerjaan pertama sehabis lulus kuliah.

Baca juga: Bank BNI Tawarkan Beasiswa Pelatihan bagi Mahasiswa UGM, Ini Syaratnya

Secara umum, saat ini terdapat 2 metode rekrutmen perusahaan dalam mencari karyawan baru, yaitu metode offline dan online.

Untuk metode offline

Dalam metode rekrutmen offline, jenis tes yang diujikan antara lain psikotes, assessment test, interview, FGD, LGD, job function, dan medical check up.

1. Psikotes

Berbagai contoh psikotes saat ini sudah dapat ditemukan di internet dan bisa dipelajari sebagai bekal menghadapi psikotes.

Salah satu model psikotes yang selalu ada di perusahaan-perusahaan yaitu menghitung angka yang dibatasi dengan timer di mana semakin lama waktunya akan semakin singkat.

Tes ini biasa disebut juga dengan Tes Kraepelin. Jenis tes ini bertujuan untuk menguji dan melihat endurance atau daya tahan calon karyawan, apakah jika diberi tekanan terus menerus ia tetap bertahan ataukah menurun performanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X