Perkuat Kompetensi Bahasa, Anglia Indonesia Gelar "English Learning Experience 2021"

Kompas.com - 10/04/2021, 21:08 WIB
Pembukaan program Anglia Indonesia English Learning Experience 2021, yang diselenggarakan secara daring menggunakan On-line learning platform Anglia pada 7 April 2021. DOK. ANGLIA INDONESIAPembukaan program Anglia Indonesia English Learning Experience 2021, yang diselenggarakan secara daring menggunakan On-line learning platform Anglia pada 7 April 2021.

KOMPAS.com - Kemampuan komunikasi, termasuk penguasaan bahasa asing, menjadi salah satu keterampilan penting yang perlu dimiliki dalam menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0 selain kemampuan berpikir kritis, kreatif dan kemampuan berkolaborasi.

“Indonesia dikelilingi negara-negara lain yang mayoritasnya menggunakan Bahasa Inggris, baik sebagai bahasa ibu, maupun sebagai bahasa keduanya," ujar Eko Indrajit, Presiden Smart Learning and Character Center (SLCC) PGRI.

Peran penting Bahasa Inggris ini mengemuka dalam pembukaan program "Anglia Indonesia English Learning Experience 2021, yang diselenggarakan secara daring menggunakan On-line learning platform Anglia pada 7 April 2021.

Prof. Eko menekankan, untuk mempelajari Bahasa Inggris dengan benar dan cara yang tepat kini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, serta berbagai cara yang positif serta menyenangkan.

"Bersama Anglia, kedua hal itu dapat diwujudkan, bahkan sekaligus membangun jaringan, sebagai sebuah keluarga dan komunitas belajar secara internasional,” tambah Prof. Eko.

Baca juga: Literasi Jadi Kunci Indeks Pembangunan Manusia

Belajar dan membangun jaringan

Anglia Examinations England merupakan program yang komprehensif dan terstruktur untuk menilai kompetensi bahasa Inggris di 50 negara di seluruh dunia dengan ujian internasional yang disetarakan tingkat level Common European Framework (CEFR).

Dalam kesempatan sama, Prof. Arnold Agustjin, akademisi bahasa Inggris serta pengembang Anglia di Belanda mengemukakan perlu adanya keseimbangan dan keseriusan dalam setiap tahapan pembelajaran Bahasa Inggris.

Menurutnya, pembelajaran Bahasa Inggris dapat dikombinasikan dengan kegiatan menyenangkan, atraktif dan menginspirasi seperti pertemuan berskala global atau internasional dalam sesi kelompok kecil. 

“Pembelajar di Indonesia telah memulai suatu awal yang baik bersama Anglia International Network Project (Proyek Membangun Jaringan Internasional). Terima kasih atas support yang telah diberikan oleh para kepala sekolah, orangtua, guru dan siswa yang telah berani melihat sebuah peluang baru dalam sebuah kerja sama internasional,” imbuh Prof. Arnold.

Hal senada disampaikan Noviya Setiyawaty, Project Manager & Indonesia Representative Asean Education Group (AEG) Anglia Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X