Kompas.com - 12/04/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan gigi dan mulut wajib dilakukan secara rutin. Khususnya perawatan gigi pada anak-anak karena gigi anak-anak rentan rusak akibat pola makan dan kurang disiplin membersihkan gigi.

Namun di tengah kondisi pandemi Covid-19, hal ini tentu menjadi sesuatu yang lebih sulit dilakukan.

Baik pasien maupun dokter, sebisa mungkin tidak menularkan virus satu sama lain. Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Willyanti Soewondo menerangkan, praktik kedokteran gigi dan mulut anak di tengah pandemi ini harus mengikuti protokol kesehatan ketat.

Perawatan gigi saat ini pun ditekankan pada pencegahan penyakit gigi dan mulut lebih dini (preventif dentistry).

“Perawatan gigi mulut anak pada era Covid-19 itu yang penting tindakan pencegahan penyakit gigi mulut lebih dini,” ujar Willy dikutip dari laman unpad.ac.id, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Orangtua, Ajak Anak Mencintai Bumi dengan 4 Cara Ini

Lakukan pencegahan kerusakan gigi sejak dini

Wanita yang akrab disapa Willy ini mengatakan, pencegahan kerusakan gigi secara dini meliputi beberapa hal, yakni:

1. Pemeliharaan kesehatan gigi di rumah

Menjaga kesehatan gigi di rumah, seperti menjaga kebersihan gigi dan mulut anak dengan baik dan mengoptimalkan edukasi kesehatan gigi.

2. Diet makanan non kariogenik

Yaitu dengan mengurangi makanan bergula dan lengket, serta memperbanyak makanan berserat. Seperti buah-buahan yang banyak mengandung air dan sayur-sayuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X