Kompas.com - 12/04/2021, 13:39 WIB
Ilustrasi. bopavIlustrasi.
|

KOMPAS.com - Sebentar lagi, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Biasanya, lama puasa Ramadhan di Indonesia rata-rata berkisar 13-14 jam.

Kali ini, Ramadhan 2021 merupakan tahun kedua puasa di masa pandemi Covid-19. Pada tahun kedua pandemi ini kasus Covid juga sudah mulai menurun jumlahnya di Indonesia.

Tentu seiring dengan meningkatnya kepatuhan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan 5M, yakni:

  1. menggunakan masker
  2. mencuci tangan
  3. menjaga jarak
  4. menghindari kerumunan
  5. membatasi mobilisasi

Serta mulai dijalankannya vaksinasi di Indonesia. Hal ini akan membawa suasana yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: 5 Tips Menjalani Puasa Ramadhan Seru bagi Si Kecil

Meski demikian, pandemi belum usai, sehingga kewaspadaan tetap harus dilakukan terutama di bulan Ramadhan yang ditandai dengan peningkatan aktivitas ibadah tarawih dan shalat berjamaah di masjid.

Puasa Ramadhan saat pandemi

Tapi, bagaimana puasa 2021 di masa pandemi ini? Melansir laman Universitas Diponegoro (Undip), Minggu (11/4/2021), ini penjelasan dari salah satu akademisi Undip dr. Annta Kern Nugrohowati, MSi., Sp.GK.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli mendapatkan bahwa puasa Ramadhan memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan diantaranya:

1. dapat memperbaiki kadar gula darah melalui mekanisme peningkatan sensitivitas insulin

2. memperbaiki tekanan darah dan frekuensi nadi

3. menurunkan Berat Badan pada individu-individu yang overweight / obesitas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X