Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Unair: Ini Gejala Varian Baru Corona E484K

Kompas.com - 14/04/2021, 13:18 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Munculnya varian baru virus Sars Cov 2 rupanya membuat sebagian masyarakat makin khawatir akan perkembangan virus ini.

Baru-baru ini, muncul lagi varian corona jenis E484K yang cukup ganas. Varian E484K atau sering kali disebut Varian Eek di Indonesia pertama kali terdeteksi di wilayah DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Pakar Imunologi Universitas Airlangga (Unair) Agung Dwi Wahyu Widodo meminta masyarakat harus lebih waspada terhadap munculnya mutasi Sars-CoV-2.

Agung menjelaskan,Varian E484K telah mengalami mutasi pada asam amino glutamic acid.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Mutasi tersebut, lanjutnya, berada dekat dengan puncak spike. Sehingga struktur protein pada spike berubah. Perubahan itulah yang menyebabkan virus dapat menghindar dari antibodi Covid-19.

"Dalam penelitian Widera dkk, beberapa monoklonal antibodi gagal mendeteksi keberadaan atau melakukan netralisasi pada virus yang memiliki Varian E484K,” ujar dosen Fakultas Kedokteran (FK) ini dilansir dari laman unair.ac.id.

Ia mengatakan, salah satu cara menghadapi Varian E484K adalah dengan monitoring surveilans.

“Monitoring surveilans terutama pada kasus yang ada di masyarakat. Kemudian melakukan surveilans epidemiologi kasus yang dicurigai misalnya adanya anomali pada daerah tertentu. Kemudian deteksi kasus pada Varian E484K,” ungkap dokter di RSUD Dr Soetomo Surabaya itu.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Untuk melancarkan hal itu, tutur Agung, diperlukan koordinasi dengan pihak terkait terutama pemerintah dan rumah sakit. Tujuannya untuk mempersiapkan adanya kemungkinan kejadian luar biasa yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, sarana dan prasarana juga perlu disiapkan untuk mengakomodasi seandainya terjadi peningkatan kasus. Vaksinasi juga harus dilakukan lengkap serta edukasi terkait 5M harus terus digencarkan.

Secara internasional, menurut Agung, koordinasi terkait surveilans juga perlu diupayakan. Diperlukan konsultasi bersama ahli dengan tim WHO yang mampu mendeteksi keberadaan sekaligus membantu proses surveilans.

“Ini perlu dilakukan terutama pada epidemiologi Covid-19, derajat keparahan, efektivitas di kesehatan masyarakat, dan sosial. Juga pada terapi dan proses vaksinasi yang harus kita lakukan di masyarakat,” tandas Dewan Pakar Satgas Covid-19 IDI Jawa Timur itu.

Baca juga: Ini Biaya Kuliah di Universitas Indonesia 2021 Program S1 Reguler

Sementara itu, Ia menyampaikan bahwa selama virus masih terus menginfeksi manusia, mutasi Sars-CoV-2 akan tetap berlanjut. Artinya bahaya masih mengancam.

Demi mencegah transmisi virus, Agung menegaskan bahwa masyarakat harus tetap mempertahankan 5M. Yakni memakai masker; mencuci tangan pakai sabun; menjaga jarak; menghindari kerumunan; dan mengurangi mobilisasi.

“Mutasi apapun memang berbahaya. Tapi mau mutasi bagaimana pun, cara mencegahnya sama, yaitu dengan 5M,” tegas Agung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com