Kompas.com - 22/04/2021, 16:45 WIB
Buku Levaran Ceria yang mengajak anak-anak beraktivitas mengenal makna ramadhan dan idul fitri DOK. GrasindoBuku Levaran Ceria yang mengajak anak-anak beraktivitas mengenal makna ramadhan dan idul fitri

Penulis: Renny Yaniar | Editor: Maria Silabakti, buku anak Penerbit Grasindo

KOMPAS.com - Selamat datang bulan Ramadan. Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu umat Islam di seluruh dunia.

Bulan kerahmatan bagi umat muslim, yang selalu datang setahun sekali. Selama Ramadan, semua umat muslim diwajibkan puasa. Yakni, menahan lapar, haus, dan hawa nafsu.

Umat muslim, di bulan ini juga diminta memperbanyak perbuatan baik seperti peduli sesama terlebih pada kaum fakir miskin, dan membantu siapapun yang memang perlu bantuan.

Ada kisah dibalik bulan istimewa ini. Karena, di bulan Ramadhan, Al-Qur’an diturunkan. Dari 30 hari waktu berpuasa, ada satu malam yang lebih baik dari 1.000 bulan, yaitu malam Lailatul Qadar. Sungguh bulan yang penuh berkah.

Baca juga: Intip Kisah Lain Putri Kaguya, Berbeda dari Naskah Lawasnya

Setelah Ramadan, kita merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Biasanya, menjelang Lebaran banyak orang pulang ke  kampung halaman untuk berjumpa dengan orang tua dan sanak saudara, melepas rindu dan bermaaf-maafan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya saja, dua tahun ini yakni pada puasa dan Idul Fitri tahun 2020 dan tahun 2021 menjalani bulan Ramadan dan merayakan idul fitri tak sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Serangan virus Covid 19 pada Maret tahun 2020, membuat cara hidup manusia agak terbatas dan banyak hal harus diubah untuk menghindari ancaman virus ini.

Kita harus mengikuti protokol kesehatan agar penularan penyakit tidak menyebar. Lalu, bagaimana cara kita bersilaturahmi?

Tentu melalui kecanggihan alat-alat teknologi, antara lain telepon seluler untuk mengirim pesan, foto, atau berbicara melalui panggilan video. Walau kita tidak dapat bertemu langsung dengan kakek, nenek, paman, bibi, sepupu, dan keluarga besar, mereka selalu ada di hati kita.

Baca juga: Intip Kehidupan Geisha Lewat Menu Andalan Koki Jepang

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.