Kompas.com - 25/04/2021, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Tidak mudah melakukan sebuah presentasi di depan khalayak umum. Kadang, rasa gugup cukup menghantui siapa saja yang hendak melakukan presentasi.

Rasa gugup memang wajar dirasakan saat harus tampil di hadapan banyak orang. Namun, bukan berarti kamu harus dikuasai oleh perasaan tersebut.

Selain harus mengatasi rasa gugup, kunci agar presentasi menjadi menarik adalah bagaimana audiens bisa memahami isi presentasi dan tertarik menyimak presentasi sepanjang waktu yang disediakan.

Baca juga: Mahasiswa Jogja, Perusahaan Ini Buka Lowongan Magang

Untuk hal ini, Head of The British Institute (TBI) Digital Learning, Yayu Roesman memiliki trik agar presentasi berjalan lancar. Berkolaborasi dengan Connext Community, Yayu dengan optimis mengatakan siapapun bisa mengatasi masalah saat presentasi.

"Jika ingin presentasi lancar, pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat poin-poin apa saja yang ada di presentasi," ujarnya saat menjadi pemateri di The Key Parts In The Body Of Presentation secara virtual awal April lalu.

1. Kenali audiens

Kuncinya, bisa terlebih dahulu mengenali audiens. Lalu siapa yang akan mendengarkan presentasi? Rekan kerja atau atasan atau orang lain?

"Pahami apa topik yang dibawa apakah sangat ingin mereka dengarkan dan apa yang mereka harapkan dari presentasi. Termasuk, mengetahui seperti apa audiens sehingga kamu tidak akan salah bicara atau terkesan sok tahu," tambahnya.

Identifikasi siapa audiens yang ada sehingga kamu bisa mengetahui gaya berbicara dan teknik penyampaian yang sesuai. Lalu pikirkan kemungkinan pertanyaan yang kamu hadapi.

Termasuk gaya berpakaian, Yayu menyarankan jika acara berbau resmi tentu kamu harus menggunakan pakaian formal dan rapi. Jika acaranya cukup santai, kamu pun bisa membuat tampilanmu kasual.

Baca juga: Lima Cara Mengasah Jiwa Inovatif dan Jadi Lebih Kreatif

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.