Kompas.com - 03/05/2021, 15:01 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam saat menyampaikan apresiasi atas keberhasilan UPI dalam penyelenggaraan UTBK SBMPTN 2021.
DOK. Humas UPI Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam saat menyampaikan apresiasi atas keberhasilan UPI dalam penyelenggaraan UTBK SBMPTN 2021.

KOMPAS.com – Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT) Budi Prasetyo Widyobroto menyatakan, peserta pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebesar 94,39 persen.

Jumlah partisipasi kehadiran peserta tes itu, kata dia, menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya pada 2020.

Perlu diketahui, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 diinisiasi oleh UPI bersama perguruan tinggi mitra dari Politeknik Negeri Bandung (Polban) dan Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos). Kegiatan ini berlokasi di UPI kampus Bumi Siliwangi dan di dua perguruan tinggi mitra.

“Kami berikan apresiasi kepada UPI yang telah bekerja sama, melakukan sinergi, berkolaborasi, serta berhasil menyelenggarakan UTBK SBMPTN pada gelombang I dan gelombang II Tahun 2021,” ujar Budi, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Hari Terakhir UTBK 2021 Gelombang 2, Perhatikan Hal Ini

Senada dengan Ketua LTPMT, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam turut menyampaikan apresiasi atas keberhasilan UPI dalam penyelenggaraan UTBK SBMPTN 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pelaksanaan UTBK di UPI dan perguruan tinggi mitra berjalan dengan lancar tanpa kendala. Sebab, semua permasalah teknis dapat diatasi dengan baik oleh panitia penyelenggara di UPI,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, penyelenggaraan UTBK SBMPTN UPI 2021 telah mengikuti peraturan, ketentuan dan standar protokol kesehatan (prokes) pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui  gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 pusat, Provinsi Jawa Barat (Jabar), serta pemerintah daerah (pemda) di kabupaten dan kota.

Selain pemda, dalam pelaksanaannya turut berkoordinasi dengan Kepolisian dan Komandan Rayon Militer (Danramil) setempat.

Baca juga: Fakta Bencana Longsor di Sumedang, Danramil dan Kasi BPBD Tewas Tertimbun Saat Bantu Evakuasi Warga

Menanggapi pernyataan Dirjen Dikti Kemdikbud, Rektor UPI Solehuddin mengatakan, UTBK SBMPTN 2021 dapat berjalan dengan baik karena setiap permasalahan yang muncul segera ditindak lanjuti dengan cepat.

Terkait jumlah peserta, ia menjelaskan, UTBK SBMPTN 2021 yang berlokasi di UPI kampus Bumi Siliwangi dan perguruan tinggi mitra Polban dan Poltekpos sebanyak 20224 orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.