Kompas.com - 23/05/2021, 20:35 WIB
Semakin masifnya perkembangan teknologi digital memberi peluang bagi pelaku kejahatan siber untuk beraksi. ShutterstockSemakin masifnya perkembangan teknologi digital memberi peluang bagi pelaku kejahatan siber untuk beraksi.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kejahatan saat ini tidak hanya terjadi secara konvensional saja. Pasalnya saat ini, kejahatan juga bisa terjadi di dunia maya.

Jika kamu tidak hati-hati dalam menggunakan data pribadi di dunia maya, hal ini bisa dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggungjawab untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Merangkum dari akun Instagram resmi Direktorat SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek), data pribadi adalah salah satu hal yang diperhatikan dan wajib diwaspadai dari kejahatan siber.

Hanya bermodalkan data pribadi seseorang, para pelaku kejahatan bisa membobol akun pribadi. Selain itu juga membuat akun pinjaman online dengan menggunakan data pribadi orang lain.

Baca juga: Politeknik PU Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Cek Biaya dan Syaratnya

Pelaku kejahatan siber juga kerap menjadikan masyarakat menjadi sasaran iklan internet dan menjual data untuk kepentingan marketing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ancaman bahaya yang bisa terjadi di dunia maya mulai dari pencurian data, pencurian kekayaan intelektual, sabotase dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, masyarakat harus mewaspadai kejahatan-kejahatan yang ada di internet.

5 cara melindungi data pribadi dari kejahatan internet

Agar data pribadi tidak disalahgunakan, yuk simak 5 cara melindungi data pribadi di internet yang wajib kamu ketahui.

1. Memastikan data terenskripsi

Setiap situs memiliki sistem keamanan enskripsi untuk memastikan data terkode dengan aman saat dikirimkan lewat situs website.

Baca juga: SBMPN Dibuka, Ini Syarat dan Jadwal Masuk Politeknik Negeri Bandung

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X