Kompas.com - 21/06/2021, 18:00 WIB
Buku Dear Customer I love you terbitan Elex Media Komputindo. DOK. Elex Media KomputindoBuku Dear Customer I love you terbitan Elex Media Komputindo.

Penulis: Jazak Yus Afriansyah, Author, Coach, Trainer.

KOMPAS.com - Umumnya pelaku bisnis sangat alergi dan menghindari keluhan atau komplain yang disampaikan oleh pelanggan, namun sayangnya banyak sekali di antara mereka yang masih gagal paham bahwa dibalik setiap keluhan pelanggan pasti ada sesuatu yang dahsyat.

Sejelek apa pun keluhan itu, seburuk apa pun keberatan itu, dan sesulit apa pun pertanyaan mereka, berdasarkan kajian empiris dan pengalaman praktis, semua keluhan pelanggan tersebut terbukti memberikan dampak positif bagi bisnis kita. Itulah yang dimaksud dengan Value of Complaint.

Artinya, pada setiap keluhan yang disampaikan oleh pelanggan mengandung nilai yang tak ternilai alias priceless atau tepatnya lebih dari sekadar jutaan, miliaran, triliunan rupiah yang mungkin akan didapatkan atau harus dibayarkan berkaitan dengan keluhan tersebut.

Jadi, setiap keluhan yang diterima sangat bernilai dan berharga, dan jangan pernah disia-siakan, Complaint is Cash!

Baca juga: Mengenal Nunchi, Rahasia Hidup Bahagia dan Sukses dari Korea

Lantas apa nilai-nilai positif di setiap keluhan yang dilemparkan pelanggan kepada kita? mari kita kupas dengan ringkas. Complaint atau keluhan menunjukkan Perhatian atau Concern pelanggan terhadap produk atau jasa dan korporasi. Keluhan menunjukkan bahwa mereka para pelanggan telah terlibat meski keterlibatan tersebut belum secara dalam dan belum pada hal yang positif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Naik satu tingkat lagi dari sekedar perhatian, yaitu setiap keluhan menunjukkan bahwa sebenarnya pelanggan telah meniti tangga ke situasi bahwa mereka suka atau menyukai produk yang ditawarkan.

Keluhan jika disampaikan oleh loyal customer menunjukkan bahwa pelanggan mencintai atau bahkan sangat mencintai produk, jasa, dan layanan yang selama ini mereka beli dan nikmati.

Dari setiap keluhan yang diterima dari pelanggan sesuai dengan paparan di atas bahwa complaint will encourages continues improvement. Artinya, keluhan akan mendorong koprorasi untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan.

Baca juga: Ragam Buku Minggu Ini: Belajar Kelola Bisnis dan Investasi dari Nol

Ada istilah, stay close with the enemy better you know first than your competitor. Tetap dekat dengan musuh, akan memudahkan kamu mengetahui lebih siapa kompetitormu.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X