5 Tips Jadikan PTM Terbatas Aman, Efektif dan Menyenangkan

Kompas.com - 23/06/2021, 12:47 WIB
Siswa SDN 131 Kota Jambi sedang belajar tatap muka terbatas di dalam kelas. DOK. TANOTO FOUNDATIONSiswa SDN 131 Kota Jambi sedang belajar tatap muka terbatas di dalam kelas.

Oleh: Dwi Nanda Akhmad Romadhon|Guru SMPN 27 Tanjab Timur

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia, termasuk Indonesia memporak-porandakan berbagai bidang, baik ekonomi maupun pendidikan. Bidang pendidikan terdampak sangat besar sekali, mengubah berbagai kebiasaan dalam proses pembelajaran.

Kita harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut. Penggunaan teknologi melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi salah satu cara meredam perluasan dampak Covid-19 di lingkungan pendidikan. 

Sisi lain, pandemi yang telah berjalan hampir dua tahun tentunya sangat mengganggu keberhasilan belajar dan kehidupan anak-anak.

Penggunaan teknologi yang menggunakan berbagai platform untuk PJJ pun belum sepenuhnya efektif, sehingga anak-anak hampir pasti akan hilangnya capaian belajar atau sering kita sebut learning loss.

Learning loss yang dialami hampir seluruh pebelajar (siswa), nyatanya juga berdampak pada pengajar (guru). Guru pun hampir kehilangan cara untuk membelajarakan siswanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data OECD (The Organisation for Economic Co-operation and Development) yang dilakukan pada awal pertengahan Mei menunjukkan kemajuan pembelajaran siswa mengalami krisis yang kuat, terutama di sekolah-sekolah di daerah penghasilan rendah.

Dari berbagai permasalahan learning loss tersebut, penulis membagikan beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut:

Baca juga: Menuntaskan Kurikulum Bukan Menjadi Prioritas PTM Terbatas

1. Melibatkan orangtua dalam persiapan PTM terbatas

Mengadakan pertemuan dengan orangtua siswa, merupakan langkah awal memberi pemahaman kepada orangtua siswa tentang rencana membuka kembali sekolah yang lama ditutup.

Pembelajaran yang selama ini hanya dilakukan jarak jauh, tentu perlu adanya pembiasaan baru lagi.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X