Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirjen Vokasi Dorong Politeknik eLBajo Commodus Kembangkan SMK-D2 "Fast Track"

Kompas.com - 24/06/2021, 15:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Seiring penetapan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas, Ditjen Pendidikan Vokasi mendorong SMK dan perguruan tinggi segera meluncurkan program D-2 Fast Track.

Direktur Pendidikan Vokasi (Dirjen Vokasi) Wikan Sakarinto menjelaskan, hal ini untuk meningkatkan kemampuan dan karakter siap kerja, serta siap berwirausaha para lulusannya.

Dengan mengajak industri turut serta dari awal menyusun kurikulum bersama, kata Wikan, lulusan SMK-D2 Fast Track relatif tidak perlu lagi mengikuti pelatihan di industri ketika masa awal bekerja.

Hal ini disampaikan Wikan saat berkunjung ke kampus Politeknik eLBajo Commodus (PLC), kampus pertama dan satu-satunya di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Wikan, anak SMK setelah tamat harus langsung siap kerja dan siap belajar sepanjang hayat. Dalam program ini siswa SMK setelah selesai masa studi 3 tahun di SMK, cukup kuliah setengah tahun, kemudian dilanjutkan dengan program magang selama satu tahun di industri.

"Ini magang sambil belajar di industri, dengan model dual system akan membuat mahasiswa D2 semakin matang dan terbiasa bekerja di dunia kerja. Setelah itu langsung mendapatkan gelar Diploma II,” jelas WIkan, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Labuan Bajo Destinasi Wisata Kelas Dunia, Dirjen Vokasi: Kita Garap Serius SDM-nya

Program SMK-D2 Fast Track

Di sisi lain Politeknik eLBajo Commodus telah siap menjadi mitra program D-2 Fast Track untuk SMK di seluruh Manggarai Raya. Hal ini ditunjang oleh terciptanya kerjasama dengan DUDI (dunia usaha dunia industri) di Kota Labuan Bajo dan sekitarnya.

Link and match dijalin Poltek eLBajo Commodus antara lain dengan Sudamala Resort Seraya dan Komodo, Ayana Komodo Resort, Puri Sari Beach Hotel, The Jayakarta Suites Komodo Flores, Luwansa Beach Resort Labuan Bajo, Inaya Bay Komodo, Sylvia Resort Komodo, Bintang Flores Hotel, dan beberapa industri pariwisata lainnya.

Wikan mengungkapkan program SMK-D2 Fast Track akan sangat menguntungkan industri pariwisata, sebab mereka akan langsung mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk mewujudkan program tersebut di Labuan Bajo, Wikan menyarankan agar kurikulum pembelajaran harus berdasarkan kajian bersama antara pihak industri, SMK, dan Politeknik eLBajo Commodus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com