Kompas.com - 25/06/2021, 08:59 WIB
PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) menggelar webinar bertajuk Step Up To Succeed The Green Eco Campus with Solar Energy yang digelar Kamis, 24 Juni 2021. DOK. SUN ENERGYPT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) menggelar webinar bertajuk Step Up To Succeed The Green Eco Campus with Solar Energy yang digelar Kamis, 24 Juni 2021.

KOMPAS.com - Perguruan tinggi melalui tri dharma pendidikan menjadi motor transformasi sumber energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan. 

Dalam hal ini, ketersediaan energi baru dan terbarukan berperan penting dalam penguatan industri untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan menuju kampus mandiri energi dengan teknologi dalam negeri yang mutakhir.

Dalam rangka memotivasi pelaku pendidikan untuk berkontribusi bersama Pemerintah dalam mendukung pencapaian target energi bersih dan terbarukan PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) menggelar webinar bertajuk "Step Up To Succeed The Green Eco Campus with Solar Energy" yang digelar Kamis, 24 Juni 2021.

Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Prof. Nizam menegaskan komitmen Kemendikbud Ristek untuk berperan secara aktif dalam memperkuat kerjasama antara lembaga penelitian, dan pengembangan, baik dari perguruan tinggi, industri, dan pemerintah.

Prof. Nizam menyampaikan, untuk mengakselerasi target bauran energi Indonesia 2050, inisiatif Kampus Mandiri Energi dapat mendorong riset dan pengembangan untuk mencetak SDM yang handal.

“Kampus Mandiri Energi sudah dilaksanakan dan bisa terlihat dari berbagai inisiatif yang sudah berjalan saat ini, salah satunya pembangunan PLTS dan pusat riset tenaga surya antara Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan SUN Energy,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 25 Kampus Hijau Terbaik di Indonesia Tahun 2019, Ini Daftarnya

Konsep kampus hijau

Chief Commercial Officer PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) Dion Jefferson dalam webibar The Green Eco Campus with SOlar Energy (24/6/2021).DOK. SUN ENERGY Chief Commercial Officer PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) Dion Jefferson dalam webibar The Green Eco Campus with SOlar Energy (24/6/2021).

Menanggapi hal itu, Chief Commercial Officer PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) Dion Jefferson, menyatakan komitmen untuk mendukung perguruan tinggi dalam mewujudkan eco campus melalui berbagai program konkrit.

"Termasuk diantaranya, penggunaan energi bersih di lingkungan kampus. Salah satu energi bersih yang paling mudah diinstalasi di bangunan kampus adalah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)," jelas Dion.

Dion melanjutkan, "pembangunan PLTS ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana riset atau laboratorium sehingga peran kampus dalam mencetak SDM unggul bisa diwujudkan dan bisa melahirkan SDM yang kompetitif di industri masa depan."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X