Kompas.com - 15/07/2021, 14:00 WIB
Komik Black Butler DOK. Elex Media KomputindoKomik Black Butler

Penulis: Fitri Annisa | Editor: Komik Elex Media Komputindo

KOMPAS.com - Kamu suka baca komik? Suka komik yang berbau misteri? Ada satu komik keren yang bisa kamu pilih untuk mengisi waktu luang.

Komik Black Butler, bercerita mengenai bangsawan Ciel Phantomhive dan butler-nya Sebastian Michaelis yang tinggal di sebuah manor house di pinggiran kota London pada era Victoria.

Sebastian, bukan butler biasa. Dia ternyata iblis, yang melayani Ciel Phantomhive, seorang anak berusia 12 tahun yang merupakan kepala keluarga bangsawan terkemuka.

Phantomhive adalah keluarga bangsawan Inggris yang memiliki perusahaan raksasa bernama Funtom Corporation dengan berbagai jenis bisnis, seperti mainan, makanan dll. yang juga berperan sebagai suruhan (anjing penjaga) Ratu Inggris dalam memberantas kasus-kasus di dunia belakang.

Baca juga: Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia

Sebastian diwajibkan melayani Ciel karena terikat kontrak di masa lalu. Sebagai seorang butler, dia sempurna dalam segala hal. Berpengetahuan luas, elegan, jago masak, dan sangat lihai dalam bertarung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Ciel adalah seorang anak yang memiliki trauma masa kecil yang sangat berat. Walaupun masih berumur 12 tahun, sikap dan cara bicaranya sangat dewasa, pemikirannya pun sangat dalam dan kelam. Sebastian diwajibkan untuk menaati semua perintah Ciel, mulai dari urusan rumah tangga, sampai tugas-tugas berbahaya dalam kasus yang diperintahkan Ratu kepada keluarga Phantomhive.

Popularitas Black Butler

Manga Black Butler telah diadaptasi ke berbagai media, seperti serial animasi dan video game, diangkat menjadi drama musikal, dirilis menjadi drama CD, sampai live-action. Black Butler juga masuk dalam daftar top 10 best-selling comics di Jepang sejak terbit di tahun 2006 dengan penjualan lebih dari 28 juta kopi hingga saat ini.

Beberapa versi bukunya pun telah dirilis, mulai dari art book hingga pengenalan karakter seperti Black Butler Character Guide "That Butler, Assembles", The TV Animation Black Butler Black Record, dan Rainbow Butler.

Baca juga: Ragam Buku Minggu Ini: Belajar Kelola Bisnis dan Investasi dari Nol

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.