Kompas.com - 26/07/2021, 12:22 WIB
Kegiatan mahasiswa Universitas Bina Saranan Informatika (BSI). DOK. Humas Universitas BSIKegiatan mahasiswa Universitas Bina Saranan Informatika (BSI).

KOMPAS.com – Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan perguruan tinggi terfavorit di Indonesia.

Sejak mulai diselenggarakan oleh perguruan tinggi Tanah Air pada 1960, jurusan Ilmu Komunikasi langsung menjamur. Hampir semua perguruan tinggi memiliki jurusan ini.

Hal itu disebabkan karena minat calon mahasiswa yang begitu tinggi pada Ilmu Komunikasi.

Bahkan, melansir dari Kompas.com pada Senin (22/3/2021), Ilmu Komunikasi masih berada di urutan teratas program studi (prodi) terfavorit di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Baca juga: Biaya Kuliah UKT Undip 2021 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

Rektor Universitas Bina Saranan Informatika (BSI) Mochammad Wahyudi mengatakan, kondisi perkembangan digital yang terjadi saat ini membuat Ilmu Komunikasi semakin dibutuhkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Generasi muda masa kini perlu mempelajari dan mengembangkan Ilmu Komunikasi agar bisa meraih kesempatan dan peluang emas di era digital,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (26/7/2021).

Menurut Wahyudi, banyak profesi menjanjikan bagi para generasi muda yang memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni di bidang Ilmu Komunikasi.

Ia yakin, dengan bekal pemahaman konsep Ilmu Komunikasi yang memadai akan memungkinkan mahasiswa untuk mengonsep, mendesain, dan memproduksi konten tepat yang sesuai dengan target audience.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi juga memiliki beberapa cabang yang dapat dipilih oleh mahasiswa, di antaranya Jurnalistik, Advertising, Kajian Media, dan Public Relation.

Dalam bidang Jurnalistik, mahasiswa akan mendapatkan skill untuk mengumpulkan, mengolah, menulis, dan menyiarkan informasi atau berita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.