Kompas.com - 09/08/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi cemas. SHUTTERSTOCKIlustrasi cemas.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang belum juga usai menimbulkan rasa cemas terhadap sebagian orang. 

Hal ini disampaikan psikolog dan penasihat Motherhope Indonesia Anisa Cahya Ningrum. Menurutnya, rasa cemas yang muncul adalah hal wajar.

Munculnya rasa cemas merupakan penanda bahwa seseorang merasa waspada. Pasalnya, jika tidak cemas, maka tidak ada kewaspadaan. Dengan adanya rasa cemas ini, tidak ada perilaku yang melakukan tindakan antisipatif.

"Justru kecemasan itu normal supaya kita melakukan tindakan antisipatif. Menjadi gangguan ketika terjadi sekian lama dan intensitasnya tinggi," terang Anisa seperti dikutip dari laman Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), Minggu (8/8/2021).

Baca juga: Rans Entertainment Buka Program Magang bagi Mahasiswa, Cek Syaratnya

Alumnus Fakultas Psikologi UGM ini menerangkan, banyak orang bahkan dari seluruh dunia mengalami kecemasan akibat pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Keluarga kita, orang terdekat kita banyak yang mendahului kita. Dan itu bisa membuat kita cemas karena kehilangan orang-orang tercinta kita," imbuhnya.

Ada pribadi-pribadi yang berisiko mengalami rasa cemas, yakni pribadi yang panik, overthinking, negative thinking dan perfeksionis. Bahkan ada obat-obatan tertentu juga dapat membuat orang menjadi cemas.

Tips cegah rasa cemas hadapi pandemi Covid-19

Anisa membagikan tips untuk mengatasi kecemasan dengan melakukan grounding. Anisa menjelaskan, grounding adalah kondisi membumi dengan memaksimalkan sensasi inderawi.

Caranya, begitu merasa cemas setingkat apa pun, segera lakukan kelima hal ini, yakni melakukan cara 54321.

1. Cara 5 yaitu melihat lima hal di sekitar. Hal ini berguna untuk menstimulasi otak supaya tidak berpikir ke mana-mana. "Ayo lihat lima hal. Kemudian bisa ditulis dengan bolpoin atau diucapkan saja," jelasnya.

Baca juga: 5 Tips bagi Orangtua Dampingi Anak agar Meminimalisir Learning Loss

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.