Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Hidup Nyaman Tanpa Beban? Cari Caranya Melalui Buku Ini

Kompas.com - 11/08/2021, 14:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Dina Chandra I Editor: Elex Media Komputindo

KOMPAS.com – Hampir semua manusia, pasti pernah bersosialisasi dan menjalin hubungan dengan berbagai macam orang. Hubungan itu dapat terjalin dalam waktu singkat atau waktu yang lama. Namun, setiap orang yang ditemui tentu memiliki sifat dan karakter yang berbeda dengan diri sendiri.

Meski memiliki sifat yang sama, akan selalu ada faktor-faktor yang membedakan, misalnya lingkungan yang berbeda saat menjalani kehidupan sejak kecil hingga dewasa. Terkadang, perbedaan itu akan menimbulkan gesekan yang dapat mengakibatkan hati diri sendiri maupun orang lain terluka.

Itu mengapa, perlu ada keseimbangan dalam kehidupan. Keseimbangan antara diri sendiri  dan hubungan, keseimbangan antara percaya dan tidak percaya, keseimbangan antara batasan dan toleransi terhadap diri sendiri dan orang lain, dan lain-lain.

Baca juga: Alasan dan Tujuan Depresi Hadir di Hidup Manusia

Tetapi tidak mudah mencari cara untuk menemukan keseimbangan, khususnya di dalam hubungan dengan orang lain karena kita tidak akan pernah dapat membaca perasaan yang disembunyikan oleh orang lain tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar dapat menemukan keseimbangan dalam hidup? Salah satu penulis best seller Korea Selatan yang bernama Kim Suhyun membahas tentang hal ini melalui bukunya Nyaman Tanpa Beban.

Buku ini dikemas dengan cara yang menarik. Ada beberapa cerita yang dikisahkan baik oleh penulis atau orang-orang di sekitarnya. Cerita itu diambil dari pengalaman sehari-hari yang akan terasa sangat dekat dengan pembacanya dan mungkin bahkan ada beberapa cerita yang pernah dialami sendiri oleh para pembaca.

Misalnya, cara mengatasi kesulitan dalam pekerjaan, cara mengatasi pertanyaan dari sanak saudara saat kumpul keluarga, cara mengatasi hubungan pertemanan yang berubah.

Atau cara berhadapan dengan orang-orang yang tidak sadar bahwa ucapannya tidak sopan, dan lain-lain. Di dalamnya terdapat juga ilustrasi dan kutipan-kutipan bagus yang dapat membuat hati para pembacanya menjadi lebih damai.

Baca juga: Buku Minggu Ini: 5 Pilihan Adult Coloring Book Pengurang Stres

Buku Nyaman Tanpa Beban yang diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo ini memberikan healing tersendiri untuk mereka yang selama ini selalu memaksakan diri dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Buku ini sangat cocok menjadi bacaan remaja dan dewasa, khususnya di masa pandemi yang sudah berlangsung cukup lama seperti sekarang ini.

Buku ini mengajarkan semua pembaca untuk tetap hidup sebagai diri sendiri seutuhnya tanpa perlu terlalu memaksakan diri dalam menjalani segala sesuatu. Buku ini juga mengingatkan bahwa hubungan dengan orang lain memang penting, tapi yang terpenting adalah diri sendiri.

Bagaimana caranya, harus mengurus diri sendiri dulu dengan benar baru kita boleh mengurusi orang lain. Itulah satu-satunya cara agar kita dapat Hidup Nyaman Tanpa Beban dan tidak hancur di berbagai macam situasi.

Penasaran? Cek di sini:

https://www.gramedia.com/products/nyaman-tanpa-beban

Info lengkap tentang voucher yang bisa kamu dapatkan secara gratis untuk membeli buku ini: http://bit.ly/voucher_artikel

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com