Kompas.com - 14/08/2021, 08:12 WIB
|

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Pangeran Diponegoro? Siswa SMP tentu sudah tidak asing dengan pahlawan terkenal yang satu ini.

Pangeran Diponegoro merupakan salah satu pahlawan nasional yang turut melawan penjajahan Belanda. Siswa SMP ingin lebih mengenal lagi sosok Pangeran Diponegoro?

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Senin (9/8/2021), seperti ini Perang Diponegoro sebagai upaya perlawanan terhadap penjajahan Belanda.

Baca juga: Siswa dan Mahasiswa, Ini 5 Tips Tak Terpengaruh Hoaks

Pangeran Diponegoro adalah putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono III. Nama aslinya ialah Raden Mas Ontowiryo yang lahir pada 11 November 1785 di Yogyakarta.

Sosok Pangeran Diponegoro dikenal secara luas karena memimpin Perang Diponegoro atau disebut sebagai Perang Jawa karena terjadi di tanah Jawa.

Pertempuran terbesar bagi Belanda

Perang ini merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara.

Perang tersebut terjadi karena Pangeran tidak menyetujui campur tangan Belanda dalam urusan kerajaan. Selain itu, sejak tahun 1821 para petani lokal menderita akibat penyalahgunaan penyewaan tanah oleh warga Belanda, Inggris, Perancis, dan Jerman.

Van der Capellen mengeluarkan dekrit pada 6 Mei 1823 yang menyatakan bahwa semua tanah yang disewa orang Eropa dan Tionghoa wajib dikembalikan kepada pemiliknya per 31 Januari 1824. Namun, pemilik lahan diwajibkan memberikan kompensasi kepada penyewa lahan Eropa.

Akhirnya, Pangeran Diponegoro membulatkan tekad untuk melakukan perlawanan dengan membatalkan pajak Puwasa agar para petani di Tegalrejo dapat membeli senjata dan makanan.

Baca juga: Gerak Dasar Sepak Bola, Siswa Sudah Paham?

Kekecewaan Pangeran Diponegoro juga semakin memuncak ketika Patih Danureja atas perintah Belanda memasang tonggak-tonggak untuk membuat rel kereta api melewati makam leluhurnya. Beliau kemudian bertekad melawan Belanda dan menyatakan sikap perang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.