Kompas.com - 14/08/2021, 12:46 WIB
Buku 36 Jam Lancar Membaca Tanpa Mengeja, DOK.Elex Media KomputindoBuku 36 Jam Lancar Membaca Tanpa Mengeja,

Penulis: Jan Alvin, John Putra, dan Jesicca Ford, SMK Tarakanita Jakarta

KOMPAS.com - Minat membaca pada anak sudah harus dikembangkan sejak dini. Minat ini bisa berkembang dengan baik bila keterampilan membacanya dilatih dengan tepat. Salah satu cara untuk membangun keterampilan ini adalah dengan berlatih membaca nyaring huruf atau suku kata yang anak pelajari.

Dengan membaca nyaring anak dilatih untuk membangun konsentrasi yang nantinya diharapkan membuat mereka tahan untuk menekuni sesuatu ataupun cepat memahami apa yang mereka pelajari. Selain itu, tujuan jangka pendeknya adalah menyiapkan anak-anak untuk masuk ke jenjang Sekolah Dasar, yang salah satu syaratnya adalah lancar membaca dan menulis.

Baca juga: Ajak Anak Belajar Mengenal Bagian Tubuh di Komik Cookie Run Science

Setiap anak secara secara alamiah sudah dibekali kemampuan dasar untuk mempelajari bahasa di otaknya, tepatnya di hemisfer kiri. Namun, kemampuan ini tidak akan berkembang optimal tanpa bantuan dari orangtua dan juga para pendidik.

Metode dan panduan yang tepat, misalnya memastikan mereka memahami tulisan dan maknanya akan memudahkan orangtua atau guru mengembangkan kemampuan tersebut dan secara khusus mempercepat anak untuk lancar membaca.

Selain metode yang tepat, orangtua atau guru harus mampu menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan dan bermakna dengan diselingi permainan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu cara untuk menciptakan kondisi yang menyenangkan bagi anak bisa dilakukan dengan metode membunyikan suku kata dengan nyaring. namun sebelum itu, siapkan Peralatan penunjang terlebih dulu. Letakkan buku di atas meja dan duduk berhadapan. Anda juga bisa menggunakan alat peraga, misalnya kartu huruf untuk membantu anak mengingat huruf abjad A sampai Z.

Baca juga: Buku Kini Aku Tahu, Cara Seru Ajari Anak Usia Dini Mengenal Sekitar

Setelah anak mengingat huruf abjad A sampai Z, Anda dapat mulai melangkah ke pelajaran membaca berikutnya, yaitu membunyikan dengan nyaring, huruf dalam pola suku kata, bukan dibaca satu per satu.

Misalnya: “ba” dibaca “ba” dan seterusnya. Akhiri dengan mengajak anak untuk menyebutkan tulisan pada gambar dan minta anak Anda menunjukkan huruf awal gambar tersebut, dan bila tersedia ruang untuk mewarnai, warnailah gambar itu. Jangan lupa, lakukan pola ini secara berulang.

Tujuan jangka panjang anak lancar membaca bukan semata-mata anak mampu membunyikan deretan huruf, suku kata, dan kalimat, melainkan juga agar anak suka akan kegiatan membaca, suka belajar, dan menyukai dunia literasi.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.