Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

36 Jam Lancar Membaca Tanpa Mengeja, Orangtua Harus Tahu Buku Ini

Kompas.com - 14/08/2021, 12:46 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

Penulis: Jan Alvin, John Putra, dan Jesicca Ford, SMK Tarakanita Jakarta

KOMPAS.com - Minat membaca pada anak sudah harus dikembangkan sejak dini. Minat ini bisa berkembang dengan baik bila keterampilan membacanya dilatih dengan tepat. Salah satu cara untuk membangun keterampilan ini adalah dengan berlatih membaca nyaring huruf atau suku kata yang anak pelajari.

Dengan membaca nyaring anak dilatih untuk membangun konsentrasi yang nantinya diharapkan membuat mereka tahan untuk menekuni sesuatu ataupun cepat memahami apa yang mereka pelajari. Selain itu, tujuan jangka pendeknya adalah menyiapkan anak-anak untuk masuk ke jenjang Sekolah Dasar, yang salah satu syaratnya adalah lancar membaca dan menulis.

Baca juga: Ajak Anak Belajar Mengenal Bagian Tubuh di Komik Cookie Run Science

Setiap anak secara secara alamiah sudah dibekali kemampuan dasar untuk mempelajari bahasa di otaknya, tepatnya di hemisfer kiri. Namun, kemampuan ini tidak akan berkembang optimal tanpa bantuan dari orangtua dan juga para pendidik.

Metode dan panduan yang tepat, misalnya memastikan mereka memahami tulisan dan maknanya akan memudahkan orangtua atau guru mengembangkan kemampuan tersebut dan secara khusus mempercepat anak untuk lancar membaca.

Selain metode yang tepat, orangtua atau guru harus mampu menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan dan bermakna dengan diselingi permainan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Salah satu cara untuk menciptakan kondisi yang menyenangkan bagi anak bisa dilakukan dengan metode membunyikan suku kata dengan nyaring. namun sebelum itu, siapkan Peralatan penunjang terlebih dulu. Letakkan buku di atas meja dan duduk berhadapan. Anda juga bisa menggunakan alat peraga, misalnya kartu huruf untuk membantu anak mengingat huruf abjad A sampai Z.

Baca juga: Buku Kini Aku Tahu, Cara Seru Ajari Anak Usia Dini Mengenal Sekitar

Setelah anak mengingat huruf abjad A sampai Z, Anda dapat mulai melangkah ke pelajaran membaca berikutnya, yaitu membunyikan dengan nyaring, huruf dalam pola suku kata, bukan dibaca satu per satu.

Misalnya: “ba” dibaca “ba” dan seterusnya. Akhiri dengan mengajak anak untuk menyebutkan tulisan pada gambar dan minta anak Anda menunjukkan huruf awal gambar tersebut, dan bila tersedia ruang untuk mewarnai, warnailah gambar itu. Jangan lupa, lakukan pola ini secara berulang.

Tujuan jangka panjang anak lancar membaca bukan semata-mata anak mampu membunyikan deretan huruf, suku kata, dan kalimat, melainkan juga agar anak suka akan kegiatan membaca, suka belajar, dan menyukai dunia literasi.

Belajar membaca tanpa mengeja memiliki banyak kelebihan di antaranya lebih efektif dan efisien, anak lebih cepat dan paham dan ingat suku kata karena suku kata bisa dikorelasikan dengan gambar atau kata yang telah dikenal anak.

seperti “bo” yang dikorelasikan dengan “bola”, proses penguasaan membaca anak menjadi lebih mudah cepat, sehingga lebih mudah belajar menulis, dan masih banyak lagi kelebihan yang lain. Anak lebih cepat paham dan ingat suku kata karena suku kata dapat dikorelasikan dengan gambar.

Buku 36 Jam Lancar Baca tanpa Mengeja terbitan Elex Media Komputindo adalah salah satu buku yang dapat mendampingi orangtua untuk mengajarkan membaca kepada anak dengan metode seperti yang dipaparkan di atas. Pembelajaran yang diberikan dalam buku ini juga mudah dan menyenangkan bagi orangtua dan anak, mulai dari membaca suku kata dengan huruf vokal, membaca kata dengan akhiran huruf konsonan, dan masih banyak materi seru lainnya.

Penasaran?
Cek di sini: https://www.gramedia.com/products/36-jam-lancar-baca-tanpa-mengeja

Pengen beli buku ini, tapi dompet tetap aman?
Klik ini: https://bit.ly/voucher_artikel

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com