Kompas.com - 15/08/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi beasiswa mahasiswa aktif. DOK. PEXELSIlustrasi beasiswa mahasiswa aktif.
|

KOMPAS.com - Biasanya setelah lulus kuliah, seorang sarjana akan merasa bimbang mau melanjutkan magister atau memilih untuk berkarir.

Tetapi, pasti ada sebagian yang ingin lanjut kuliah lagi S2 terlebih di luar negeri. Hal ini menjadi impian agar bisa mendapatkan pengalaman berharga.

Meski demikian, kuliah di luar negeri butuh biaya yang besar. Untungnya, masih ada banyak program beasiswa yang bisa diambil.

Baca juga: Akademisi UNS: Ini Tips Sukses Raih Beasiswa Luar Negeri

Terkait kuliah di luar negeri, Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni (DKHA) IPB University menggelar Diaspora Mentoring Event bertema "Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri" secara daring.

Menurut Ketua Umum Himpunan Alumni (HA) IPB University, Fathan Kamil, tujuan kegiatan adalah untuk menguatkan hubungan yang telah terjalin antar diaspora.

Selain itu, HA IPB University juga ingin memberikan kesempatan bagi para mahasiswa dan alumni untuk mempelajari tips dan trik meraih beasiswa luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kuliah di luar negeri akan menempa kita untuk senantiasa pandai menempatkan diri sebagai kunci kesuksesan hidup. Sehingga dalam memburu beasiswa pasti membutuhkan perencanaan yang matang," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB, Sabtu (14/8/2021).

Narasumber lain, Radyum Ikono, CEO Schoters yang merupakan alumni doktoral bisnis IPB University dan telah mengemban studi di Singapura dan Jepang menyebutkan, info terkait beasiswa memang tersebar luas.

Hanya saja, platform Schoters, perusahaan start up berbasis edukasi yang ia bangun lebih memfokuskan untuk membantu klien mendapatkan kesempatan studi di perguruan tinggi luar negeri.

Dikatakan, timing dalam mendapatkan beasiswa pada setiap orang akan berbeda. Kriteria dalam mendapatkan beasiswa harus disesuaikan dengan profil dan isi dari esai yang telah disusun.

Baca juga: Mahasiswa USU Jadi Duta Petani Milenial Kementan RI

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.