Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sosok Dokter Kebanggaan Afrika lewat “Why? People Albert Schweitzer”

Kompas.com - 16/08/2021, 12:05 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Dina Chandra, Editor Komik Pendidikan)

KOMPAS.com – Apakah kamu tahu siapa Albert Schweitzer? Kalau tahu, maka kamu pasti mengerti sepak terjangnya selama ini. Jika belum, maka perlu menyempatkan waktu untuk mencari informasi mengenai perjuangan dokter yang disayang banyak masyarakat Afrika.

Albert sendiri, dikenal sebagai seorang pahlawan yang mendedikasikan hidupnya untuk melayani di Afrika. Awalnya, dia adalah seorang profesor teologi dan filsafat di Universitas Starsbourg, tapi saat hampir berusia 30 tahun, dia mulai belajar ilmu kedokteran setelah membaca berita tentang kesulitan masyarakat Afrika yang kebanyakan dari mereka meninggal akibat sakit tanpa menerima perawatan apa pun.

Tentu saja, keputusannya itu ditentang oleh orang-orang terdekat, bahkan oleh orangtuanya. Namun, itu tidak menghilangkan tekadnya untuk belajar ilmu kedokteran demi membantu orang-orang Afrika yang kesulitan.

Baca juga: Buku Minggu Ini: 5 Pilihan Buku Favorit Barack Obama

Sejak kecil, Albert Schweitzer sangat empati terhadap orang-orang dengan kondisi yang lebih sulit daripada dia. Latar belakangnya sebagai putra dari seorang pendeta membuatnya hidup berkecukupan. Namun, karena teman-temannya tidak mampu membeli pakaian bagus atau memakan daging, dia pun turut mengenakan pakaian lusuh dan tidak mau memakan daging.

Sifat inilah yang membuatnya mengubah profesinya secara drastis dari seorang profesor teologi dan filsafat menjadi seorang dokter. Setelah mengalami kehidupan di Afrika pun, dia sesekali pergi ke luar Afrika untuk memberitahukan pada dunia fakta tentang kehidupan masyarakat di Afrika yang sangat sulit.

Perjuangannya ini membuatnya berhasil menerima Penghargaan Goethe pada 1928, Nobel Perdamaian pada 1953, dan tanda kehormatan Order of Merit dari Ratu Elizabeth II pada 1955. Selain itu, dia juga berpartisipasi dalam gerakan anti-nuklir bersama Albert Einstein demi perdamaian dunia di masa depan.

Kalau ingin mengenal sosok Albert lebih rinci, kali ini Penerbit Elex Media Komputindo telah menerbitkan buku Why? People – Albert Schweitzer, yang membahas perjalanan mengharukan Albert Schweitzer.

Baca juga: Yuk Mengenal Leonardo da Vinci di Buku Why People? Leonardo da Vinci

Mulai dari kelahirannya hingga dia menutup mata untuk selamanya di Afrika. Seri ini merupakan komik pendidikan yang membahas tentang perjalanan tokoh-tokoh terkenal di dunia yang dapat menjadi panutan untuk anak-anak.

Seri ini juga membahas pencapaian yang berhasil mereka raih, kondisi lingkungan semasa mereka hidup, kesulitan yang mereka alami dan bagaimana cara mereka mengatasi kesulitan tersebut, dan lain-lain. Seri ini diharapkan dapat memberikan tokoh panutan bagi anak-anak sedari kecil agar mereka tidak pernah menyerah dalam menggapai cita-cita mereka.

Penasaran? Cek di sini:

https://www.gramedia.com/products/why-people-albert-schweitzer

Penasaran dengan seri Why? Cek di sini:

https://www.gramedia.com/author/author-yearimdang

Pengen beli, tapi dompet tetap aman?

Klik ini: http://bit.ly/voucher_artikel

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com