Kompas.com - 24/08/2021, 14:50 WIB
Ilustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19. PEXELS/ANNA SHVETSIlustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19.
|

KOMPAS.com - Saat ini masyarakat harus hidup berdampingan dengan Covid-19 (virus corona). Meski demikian, masyarakat tetap diimbau untuk melakukan aktivitas dari rumah.

Jika harus ke luar rumah, maka tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Tentu agar terhindar dari penyakit Covid-19.

Terkait Covid-19, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM bersama dengan Unit Alumni FK-KMK UGM menyelenggarakan webinar 'Alumni Berbagi Lawan Covid-19', Minggu (22/8/2021).

Baca juga: Anosmia pada Pasien Covid Apakah Permanen? Ini Penjelasan Dokter RSA UGM

Sesi pertama disampaikan oleh Dr. dr. Luh Putu Lusy Indrawati, M.Kes, Sp. THTKL(K) dari Sub-divisi Rinologi FK-KMK UGM yang membahas mengenai “Smell Training Pada Pasien Covid-19”.

Menurutnya, kondisi seseorang tidak dapat menghidu atau biasa disebut anosmia menjadi salah satu gejala umum pada pasien Covid-19 yang perlu diperhatikan dan dapat segera dilakukan penanganan secara mandiri.

Cara mengembalikan indra penciuman

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam smell training untuk mengembalikan indra penghidu seseorang ada tiga hal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Zat odor yang digunakan adalah zat yang baunya familiar bagi semua orang contohnya bunga mawar, jeruk, minyak kayu putih dan cengkeh.

2. Waktu pemberian dilakukan selama 12 hari yang dilakukan 2 kali dalam sehari, pagi dan sore.

3. Cara pemberiannya adalah dengan menghirup 4-5 zat odor selama 5 menit dengan rincian waktu 10-20 detik menghirup, kemudian 10 detik lepas, zat odor diletakkan di depan hidung sejauh 2 cm.

Sementara narasumber lain, Harry Freitag Luglio Muhammad, S.Gz., M.Sc., RD seorang peneliti dan dosen dari Departemen Gizi Kesehatan FK-KMK UGM juga memberikan penjelasannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.