Panti Goceng, Cara Mahasiswa IPB Berbagi Ilmu dan Kebahagiaan ke Anak Panti Asuhan

Kompas.com - 28/08/2021, 16:00 WIB
Dua Mahasiswa IPB University Bangun Komunitas Panti Goceng Dok. IPB UniversityDua Mahasiswa IPB University Bangun Komunitas Panti Goceng

KOMPAS.com - Dua mahasiswa IPB University membangun komunitas Panti Goceng, sebuah komunitas yang bergerak di bidang sosial untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak panti asuhan.

Mengangkat motto "Give A Little Help A Lot", komunitas sosial ini diharapkan tak hanya sekadar berbagi materi, melainkan dapat meningkatkan wawasan, ilmu pengetahuan, dan berbagi kebahagiaan kepada adik-adik panti asuhan.

Mahasiswa Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Hanif Anshary Nasution mengatakan awal mula tercetus untuk mendirikan komunitas ini ialah pada saat ia dan rekannya, Habibul Fuadi Hanif dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, mendatangi sebuah panti asuhan yang berada di sekitar daerah kampus IPB Dramaga.

Baca juga: Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek, Ini Syaratnya

"Kami melihat adik-adik yang tinggal di panti ini kurang termotivasi dalam merencanakan mimpi dan cita-citanya. Ada sekitar 20-an anak dengan jenjang pendidikan SMP hingga SMK. Dari kunjungan tersebut, muncul ide untuk menginisiasi berdirinya komunitas sosial yang dapat meningkatkan wawasan, ilmu pengetahuan, dan berbagi kebahagiaan kepada adik-adik panti asuhan,” ujar Hanif seperti dirangkum dari laman IPB University, Sabtu (28/8/2021).

Dari komunitas ini, Habibul dan Hanif mencoba untuk tak hanya berbagi dalam bentuk materi, tapi juga berbagi wawasan dan ilmu pengetahuan maupun softskill.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dengan adanya kata goceng dalam nama komunitas ini, kami ingin menyebarkan pesan bahwa tak perlu banyak, cukup sedikit saja kamu juga sudah sangat membantu. Dengan ini kami berharap lebih banyak teman-teman yang tergugah untuk membantu membahagiakan adik-adik di panti,” imbuhnya.

Menurut Hanif, ada banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh komunitas Pantigoceng. Di antaranya yaitu kegiatan #TurunPanti, sebuah kegiatan berkunjung ke panti asuhan untuk berbagi wawasan dan pelajaran baru sekaligus bermain permainan yang edukatif.

“Ada juga Silaturahmi Panti, Buka Bersama Ramadhan di enam kota di Indonesia, webinar internasional, Qurban untuk Panti dan perlombaan antar panti. Ada juga beberapa kegiatan lainnya sebagai upaya membahagiakan dan membangkitkan semangat adik-adik di panti asuhan,” imbuhnya.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Untuk pengumpulan donasi, Hanif mengatakan mereka melakukan aksi-aksi kreatif seperti konser amal dengan Fosmi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) IPB University dan GOMBAL (Go Beramal) setiap hari Jumat melalui platform media sosial Instagram Pantigoceng (@Pantigoceng).

“Kami juga juga membuka kesempatan beramal melalui rekening BSI a.n Amelia Kamila Islami 7152089729 dan dompet virtual (Go-Pay, OVO, dan Dana) melalui nomor 0877-8860-9839 atas nama Amelia Kamila Islami,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.