Kompas.com - 03/09/2021, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Memahami pentingnya nilai-nilai sekolah inklusi bagi anak berkebutuhan khusus perlu ditingkatkan di kalangan masyarakat. Mengingat masih banyak miskonsepsi mengenai sekolah inklusi bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Sebagai pendidik anak berkebutuhan khusus di Pendidikan Inklusi Cikal, Novia Anggraeni Iskandar atau yang akrab disapa Novia, menekankan beberapa poin penting yang perlu diketahui masyarakat Indonesia tentang sekolah inklusi.

Novia menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia masih menghadapi miskonsepsi mengenai pendidikan Inklusi.

Baca juga: Agar Anak Kompeten, Najelaa: Beri Anak Umpan Balik, Bukan Nilai

“Sayangnya di masyarakat kita masih banyak miskonsepsi mengenai sekolah inklusi, misalnya sekolah inklusi itu hanya pembaruan pendidikan khusus, hanya merespon terhadap keberagaman, dan hanya memenuhi kebutuhan murid dengan kebutuhan khusus atau disabilitas mengorbankan kebutuhan murid lain untuk satu murid,”
jelasnya

4 aspek esensial sekolah inklusi

Menurut Novia, terdapat empat aspek utama dan esensial yang perlu diketahui oleh publik dengan baik terkait Sekolah Inklusi yang dalam hal ini telah diterapkan di Cikal, sebagai lembaga pendidikan bersifat kompetensi dan inklusif, serta sebagai komunitas pelajar sepanjang hayat. Ia menerangkan, sekolah inklusi itu hakikatnya adalah tentang:

1. Merayakan keberagaman bahwa setiap anak tumbuh dengan keunikannya.

2. Menguntungkan semua murid.

3. Mengakomodasi murid-murid di sekolah yang mungkin merasa terpinggirkan dan belum optimal pengembangan kompetensinya.

4. Menyediakan akses pendidikan yang setara untuk semua murid tanpa pengecualian.

Baca juga: Psikolog: Cara Merancang Program Belajar Anak Berkebutuhan Khusus

Penerapan nilai inklusif di sekolah

Menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif, menurut Novia, dapat diterapkan dalam tiga lini, baik di bidang akademik, sosial, dan pendukung lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.