Kompas.com - 07/09/2021, 14:04 WIB
Youtuber Jovial da Lopez membagikan tips bisa meraih beasiswa bagi para mahasiswa. Dok. Komunitas SevimaYoutuber Jovial da Lopez membagikan tips bisa meraih beasiswa bagi para mahasiswa.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menempuh pendidikan merupakan hak semua anak usia sekolah di Indonesia. Bagi siswa dari keluarga kurang mampu, saat ini sudah ada berbagai program bantuan dari pemerintah. Selain itu, banyak beasiswa dari perusahaan yang bisa dimanfaatkan.

Di perguruan tinggi, tak hanya ada beasiswa untuk kuliah di dalam negeri saja, tapi juga banyak program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Bisa menempun pendidikan di luar negeri tentu akan membawa banyak manfaat positif. Selain menambah wawasan dan pengalaman baru, hal ini juga sangat menunjang Curriculum Vitae (CV) saat melamar pekerjaan kelak.

Namun tak bisa dipungkiri jika lolos beasiswa juga butuh perjuangan dan kiat khusus. Salah satu Youtuber dari Indonesia Jovial da Lopez, Youtuber membeberkan tips bisa meraih beasiswa yang diinginkan.

Baca juga: ITB Ciptakan Teknologi Penyediaan Oksigen Medis Gratis di Indonesia

Tips raih beasiswa ala Jovial da Lopez

YouTuber dengan 1,1 Juta subscriber ini baru saja meluncurkan "Beasiswa Da Lopez" buatannya sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Gue sendiri adalah lulusan Fisika Nuklir di Universitas Indonesia, pernah belajar teater di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Di situ gue belajar, sangat menghargai suatu beasiswa, karena selain ini benefit finansial, ini bisa jadi suatu hal yang memorabilia. Bakal kita ingat seumur hidup," ungkap Jovial dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (7/9/2021).

1. Perbanyak portofolio beasiswa

Strategi pertama untuk mendapatkan beasiswa dari pemilik kanal YouTube Skinny Indonesia ini adalah manfaatkan pubikasi sebagai portofolio beasiswa.

Publikasi itu bisa bermacam-macam, mulai dari tulisan, karya ilmiah, hingga konten di media sosial.

"Tidak terkecuali konten YouTube, ini bisa menjadi portofolio. Yang paling penting, adalah kita punya tujuan yang lebih besar (beasiswa), dan jangan menyerah. Jangan berkarya hanya karena followers dan income," ungkap Jovial.

Baca juga: Yuk Simak Serba-serbi Kuliah Kedokteran Versi Elisa Jonathan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.