Kompas.com - 08/09/2021, 07:00 WIB
Para mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penelitian untuk menggali potensi ekstrak jerami sebagai obat antijamur. Tangkap layar laman UGMPara mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penelitian untuk menggali potensi ekstrak jerami sebagai obat antijamur.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Selain rajin menggosok gigi, ada upaya lain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut.

Misalnya dengan menggunakan obat kumur. Menjaga kesehatan rongga mulut ini penting dilakukan agar tidak menimbulkan potensi penyakit. Termasuk munculnya infeksi jamur pada mulut.

Para mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mempunyai ide meneliti potensi jerami padi sebagai obat antijamur pada rongga mulut.

Mahasiswa yang tergabung dalam penelitian ini yakni Andini Safa Ramadhanty, Rifqi Alim Dewanto, Kurnia Salsabila Disyacitta dan Eria Rosanti Nugrahening Hastami. Keempat mahasiswa ini melakukan penelitian untuk menggali potensi ekstrak jerami sebagai obat antijamur.

Baca juga: Tips agar Mahasiswa Tidak Menunda Pekerjaan ala Ditjen Dikti

Temukan manfaat jerami padi

Andini menjelaskan, penelitian yang dilakukan sebagai upaya untuk menemukan alternatif obat antijamur pada rongga mulut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka berupaya obat antijamur yang bisa dipakai masyarakat luas ini terbuat dari bahan alam yang minim efek samping.

Andini menerangkan, timnya kemudian memanfaatkan jerami padi yang ketersediaannya mencukupi di Indonesia.

"Jerami padi belum dimanfaatkan secara optimal. Jerami padi biasanya digunakan untuk pakan ternak atau hanya dibuang dan dibakar saja," terang Andini seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (7/9/2021).

Baca juga: Epidemiolog Undip: PPKM Turun, Masyarakat Jangan Lengah Covid-19

Andini mengungkapkan, padahal jerami padi memiliki kandungan zat aktif seperti fenol, flavonoid, dan tanin yang dikembangkan untuk dijadikan obat antijamur pada kandidiasis oral.

Cegah penyakit infeksi jamur di rongga mulut

Andini memaparkan, kandidiasis oral merupakan penyakit infeksi jamur yang di rongga mulut biasanya disebabkan oleh jamur Candida albicans. Pengobatan penyakit ini biasanya menggunakan obat sintetis dengan harga yang relatif mahal dan memiliki banyak efek samping bagi penderitanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.