Kompas.com - 07/09/2021, 16:56 WIB
Ilustrasi mahasiswa sedang melakukan kerja magang dari rumah. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa sedang melakukan kerja magang dari rumah.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Memasuki tahun ajaran baru, mahasiswa tentu akan menghadapi berbagai tugas. Tak hanya satu tugas saja, terkadang tugas bisa diberikan oleh beberapa dosen sekaligus.

Belum lagi jika tenggat pengumpulan tugas juga hampir bersamaan. Hal ini tentu akan membawa tekanan tersendiri bagi para mahasiswa.

Jika tidak pintar mengatur waktu, tugas-tugas tersebut tentu tidak akan bisa selesai tepat waktu. 

Kondisi tugas yang membludak ini akan membawa kesulitan bagi mahasiswa yang berkepribadian suka menunda-nunda mengerjakan sesuatu. Kebiasaan ini ternyata juga biasa disebut dengan istilah procrastination.

Baca juga: YouTuber Jovial da Lopez Bagikan Tips Raih Beasiswa

Melansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek), Selasa (7/9/2021), procrastination adalah kebiasaan menunda pekerjaan atau tugas yang seharusnya dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa itu procrastination?

Menunda sesuatu dapat menjadi masalah karena pekerjaan menjadi berisiko tidak selesai tepat waktu.

Terjadinya procrastination berkaitan dengan kesulitan dalam mengatur waktu. Pada umumnya, orang-orang mengalami kesulitan berhadapan dengan deadline, kekonsistenan ataupun memprediksi ketepatan selesainya pekerjaan.

Hal ini menyebabkan penundaan suatu pekerjaan. Dalam hal ini, pelaku procrastination seringkali tidak mengantisipasi konsekuensi yang dapat terjadi dari kebiasaan menunda pekerjaan atau menyelesaikan suatu tugas tersebut.

Baca juga: Mahasiswa Unnes Bikin Aplikasi Unik Bantu Pedagang Pasar dan IRT

Tips agar tidak menunda-nunda pekerjaan

Agar tidak menjadi pribadi yang selalu menunda-nunda menyelesaikan pekerjaan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Pahami situasi dan kondisi diri dalam pengerjaan tugas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.