Kompas.com - 08/09/2021, 19:19 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di dunia ini, banyak aksara berbeda-beda yang digunakan oleh tiap negara. Terbentuknya aksara di masing-masing negara tentu memiliki sejarah panjang tersendiri.

Tapi tahukah kamu kalau sejumlah aksara di dunia ini memiliki beberapa predikat yang melekat. Melansir dari akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu (8/9/2021), menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V Daring, aksara berarti sistem tanda grafis yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan sedikit banyaknya mewakili ujaran.

Tiap tanggal 8 September seluruh dunia akan memperingati Hari Aksara Internasional. Mengutip dari kompaspedia.kompas.id, peringatan Hari Aksara Internasional pertama kali diadakan pada 8 September 1967.

Sejak itu, peringatan Hari Aksara Internasional berlangsung setiap tahun di seluruh dunia untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya literasi sebagai masalah martabat dan hak asasi manusia.

Selain itu juga untuk memajukan agenda literasi menuju masyarakat yang lebih melek huruf.

Baca juga: Unik, Mahasiswa Unesa Olah Ekstrak Daun Pisang Jadi Lotion Aromaterapi

Yuk cari tahu tentang aksara yang tertua, termuda, tersulit, terbanyak digunakan, terunik, dan terindah di dunia untuk memperluas pengetahuan para siswa, seperti di bawah ini.

1. Aksara tertua

Aksara Paku merupakan aksara tertua di dunia yang muncul pada sekitar 3.000 tahun lalu di lembah sungai Efrat dan Tigris (sekarang Irak).

Aksara tersebut dikembangkan oleh bangsa Sumeria dan menjadi cikal bakal terciptanya seluruh jenis aksara di dunia.

2. Aksara termuda

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.