Kompas.com - 11/09/2021, 07:03 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap hari, kita pasti diterangi oleh sinar matahari. Bahkan kini sinar matahari sangat penting untuk tubuh manusia.

Namun bagi siswa sekolah, apakah sudah tahu fakta-fakta lain seputar matahari dalam tata surya? Seperti apa itu matahari?

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Kamis (9/9/2021), matahari merupakan pusat tata surya dimana anggota tata surya mengelilingi dan membentuk suatu keteraturan di dalamnya.

Baca juga: Manusia Purba di Indonesia, Siswa Yuk Belajar

Anggota-anggota tata surya bergerak mengelilingi dalam masing-masing lintasan (orbit) yang teratur. Planet–planet mengelilingi matahari dengan orbit berbentuk elips.

Matahari adalah bintang yang berupa bola gas panas dan bercahaya. Tanpa energi intens dan panas matahari, tidak akan ada kehidupan di bumi.

Jarak Matahari dari bumi sekitar 150 juta kilometer, yang disepakati sebagai 1 SA (Satuan Astronomi). Diameter Matahari sekitar 1.380.000 kilometer.

Selain itu, matahari merupakan bola gas yang mempunyai suhu pada pusatnya sekitar 15.000.000 oC dan suhu permukaan sekitar 6.000 oC.

Jadi, matahari adalah bintang induk Tata Surya dan merupakan komponen utama sistem Tata Surya ini. Bintang ini berukuran 332.830 massa Bumi.

Matahari memiliki 4 lapisan, yaitu:

1. Inti Matahari

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.