Kompas.com - 13/09/2021, 13:22 WIB
Apa itu Badai Sitokin? KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoApa itu Badai Sitokin?

KOMPAS.com - Badai sitokin bisa menjadi salah satu alasan pasien Covid-19 mengalami kondisi yang serius.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Adityo Susilo menjelaskan bahwa badai sitokin adalah kondisi ketika tubuh melepaskan zat-zat tertentu dalam jumlah yang sangat besar untuk menghadapi serangan eksternal, berupa bakteri atau virus.

Respon berlebihan oleh tubuh ini dapat menyebabkan suatu peradangan yang kemudian berpotensi merusak fungsi organ-organ internal seseorang.

"Bila penderita Covid-19 mengalami badai sitokin, itu artinya mereka sedang mengalami fase inflamasi yang berat, sehingga perlu kita waspadai,” ujar Adityo, seperti dirangkum dari laman UI, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Ia mengatakan, bahwa tidak semua penderita COVID-19 akan mengalami badai sitokin. Pada umumnya, pasien yang mengalami badai sitokin akan mengalami demam, sakit, dan tentunya penurunan saturasi oksigen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada masa periode badai sitokin ini, saturasi oksigen akan menurun hingga di bawah 90 persen. Artinya, bila pasien tidak mengalami demam hebat dan pernafasan masih baik, maka pasien tersebut belum dikategorikan badai sitokin," imbuhnya.

Saturasi oksigen, jelas Adityo, adalah parameter dasar apakah seseorang sedang mengalami badai sitokin atau tidak.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa peradangan yang hebat dan tidak terkontrol adalah salah satu pemicu yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang lebih besar ketika badai sitokin sedang berlangsung pada pasien.

Kerusakan jaringan inilah yang nantinya akan menyebabkan demam dan penurunan fungsi paru-paru.

Baca juga: 5 Negara Paling Santai di Dunia, Indonesia Peringkat Pertama

Sehingga, terang dia, pemantauan menggunakan oksimeter merupakan hal penting untuk melihat perkembangan saturasi oksigen pada pasien Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.